Menu Close

Memahami Metodologi Pengembangan Model/Teori baru dengan Pendekatan INDUCTIVE

Penelitian dengan Pendekatan INDUCTIVE adalah penelitian di mana Peneliti mencari jawaban Research Questions/Masalah dengan utamanya Berdasarkan DATA Empiris Obyek Penelitian tertentu yang dikumpulkan dan dianalisis polanya di awal penelitian, yang selanjutnya diajukan sebagai TEORI yang bersifat Umum.

Pendekatan INDUCTIVE adalah Pendekatan BOTTOM-UP (Generalisasi) yakni diawali dari Observasi Data Empiris Obyek Penelitian spesifik yang kemudian dianalisis polanya dan diajukan sebagai Teori yang bersifat Generik/Umum.

Penelitian dengan pendekatan INDUCTIVE cocok untuk mengembangkan sebuah Teori dengan membebaskan Peneliti Tidak Terikat pada Teori atau Constructs tertentu. Peneliti bebas menentukan arah penelitian berdasarkan data-data empiris yang diperolehnya.

KELEBIHAN/KEKUATAN Metode Pendekatan INDUCTIVE, yakni:

  1. FLEKSIBILITAS: Peneliti BEBAS dalam mengidentifikasi Constructs & Hubungan antar Constructs berdasarkan data empiris yang diperolehnya. Peneliti FLEKSIBEL dalam menentukan dan mengubah teknik-teknik penelitian berdasarkan perkembangan data terkini. Fleksibilitas dan kebebasan berfikir & aktivitas penelitian ini membuka peluang Peneliti Menemukan Konsep-Konsep baru atau Fenomena baru yang mungkin belum ditemukan atau terfikirkan peneliti-peneliti sebelumnya.
  2. TINJAUAN YANG MENYELURUH: Pendekatan INDUCTIVE memberikan kesempatan Peneliti untuk meninjau/menganalisis data secara bebas dari berbagai sudut pandang. Analisis Tidak Dibatasi pada Teori-Teori yang sudah ditentukan sebelumnya seperti dalam Pendekatan DEDUCTIVE. Peneliti Tidak Dibatasi pada apa yang sudah diketahui sebelumnya, sehingga memungkinkan Peneliti mempelajari kejadian yang kompleks.
  3. POTENSI TEMUAN KONSEP/CONSTRUCTs & TEORI BARU: Dengan semata berdasarkan data empiris, pendekatan INDUCTIVE memiliki peluang menemukan konsep/constructs dan hypothesis baru.
  4. MENINGKATKAN PEMAHAMAN: Pendekatan INDUCTIVE memungkinkan peneliti menggali lebih dalam tentang Constructs dan Pola yang ada sehingga dapat membantu Peneliti lebih memahami fenomena yang kompleks.

Dari kelebihan-kelebihannya, Metode Pendekatan INDUCTIVE ini cocok untuk Peneliti yang ingin mengembangkan Teori Baru dengan tidak dibatasi dengan atau diarahkan oleh teori-teori sebelumnya. Peneliti yang ingin mengeksplore berbagai kemungkinan fenomena dan berbagai kemungkinan penjelasan dari sebuah fenomena.

BAGAIMANA FUNGSI TEORI DALAM PENELITIAN INDUCTIVE?

Jika sebuah penelitian INDUCTIVE mengembangkan Teori dari Data-Data Empiris, Bukan dari Teori yang sudah ada sebelumnya, lalu apakah tidak ada peran Teori dalam Penelitian INDUCTIVE? Jawabnya adalah: ADA yakni:

  1. Karena bagaimanapun juga dalam penelitian INDUCTIVE, pengetahuan Peneliti tentang konsep-konsep (cosntructs) dan hubungan antar constructs dari Teori-Teori yang telah dipahaminya sebelumnya pasti akan membantu Peneliti dalam mengidentifikasi sebuah Construct, hubungan antar Constructs, atau memahami sebuah fenomena. Teori-teori yang ada di “kepala” Peneliti memang Tidak men-Drive arah penelitian INDUCTIVE namun akan membantu Peneliti dalam menganalisis data dan Pola data.
  2. Selain itu pemahaman Peneliti akan Teori-Teori terkait akan mampu mencegah Peneliti melakukan perulangan/replikasi Teori yang sudah ditemukan peneliti-peneliti sebelumnya dan menemukan Novelty dari state-of-the-art penelitian terakhir sebelumnya.
  3. Teori-teori yang difahami Peneliti juga akan membantu Peneliti dalam memahami sebuah fenomena (misal proses atau motivasi/alasan) sehingga akan mampu membantu Peneliti dalam memunculkan tambahan ide-ide pertanyaan penelitian lanjutan dari data empiris terakhir yang diperoleh.

Silahkan bandingkan dengan PENDEKATAN DEDUCTIVE https://notes.its.ac.id/tonydwisusanto/2024/04/15/memahami-metodologi-pengembangan-model-teori-baru-dengan-pendekatan-deductive/

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Memahami Metodologi Pengembangan Model/Teori baru dengan Pendekatan INDUCTIVE and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *