Melaju Eksponensial

Tim “ITS Semangat Baru” telah bekerja 2 tahun terhitung sejak periode Rektor 2019-2024 dilantik pada 12 April 2019. Alhamdulillah berbagai capaian telah diraih naik secara eksponensial, bukan lagi secara linier. Capaian ini merupakan hasil kerja keras, kerja cerdas semua pihak dipersembahkan untuk Ibu yang luhur ITS.

Produk inovasi ITS tahun 2020: RAISA robot asisten rumah sakit, iCar mobil pintar self driving car, iBoat kapal tanpa awak pengendalian berbasis kecerdasan buatan

Widyapadi, adalah penghargaan oleh Kemenristek Dikti kepada perguruan tinggi dengan inovasi terbaik. Pada tahun 2018 posisi ITS di urutan terbaik ke 15 se Indonesia, melompat eksponensial menjadi urutan ke 3 pada tahun 2019. Pada tahun 2020, ITS tetap menempatkan diri sebagai perguruan tinggi terinovasi, yang menghasilkan produk produk teknologi tinggi yang memberi manfaat kepada masyarakat. Produk inovasi ITS antara lain berupa:

  • RAISA, robot asisten rumah sakit, telah dipakai di 17 rumah sakit di 7 propinsi.
  • iCAR mobil pintar self driving car, untuk e-logistik
  • iBOAT kapal tanpa awak yang dikendalikan sistem kecerdasan buatan, untuk logistik antar pulau, survey, patroli

Terimakasih atas raihan lompatan eksponensial dan hasil inovasi kepada Dr. Bambamg Pramujati WR4, Dr. Achmad Affandi, Dr. Kriyo Sambodho beserta tim Direktorat Inovasi Kawasan Sain Teknologi (DIKST), serta Dr. Agus Muhammad Hatta dengan seluruh tim Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), seluruh peneliti di Laboratorium departemen. Juga tim utama dari klaster ICT Robotics Dr. Endroyono, Rudy Dikairono MSc., Muhtadin MSc., Ahmad Zaini MSc., serta klaster Maritim Dr. Tri Achmadi, klaster Otomotif Dr Bambang Sudarmanta, klaster Desain Kreatif Dr. Agus Windarto.

Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) merupakan wadah adu kreatifitas mahasiswa se Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan sejak 30an tahun yang lalu. Pada tahun 2019, ITS pada posisi 19, melompat eksponensial menjadi terbaik ke 4 pada tahun 2020.

Terimakasih kepada Prof Adi Soeprijanto WR1, Dr. Imam Abadi, Dr. Hakun W. A beserta tim Direktorat Kemahasiswaan, seluruh Dekan, Kadep, bapak ibu dosen pendamping, dan mahasiswa yang heroik dan bersemangat tinggi.

Juara Umum Kompetisi

Juara umum KRI (Kontes Robot Indonesia) telah diraih ITS tahun 2018. Ini adalah prestasi Juara Umum, bukan juara salah satu cabang pertandingan. Tahun 2019, Juara Umum KRI tetap dipegang ITS, demikian juga tahun 2020. Jadi, 3x berturut-turut sebagai Juara Umum KRI. Di tahun yang sama, diraih pula Juara Umum Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) oleh tim ITS, yang dibina oleh Dr. Ronny Madyanto, dan Dr. Heri Suryoatmojo.

Terimakasih kepada Dr. Hendro Nurhadi, Rudy Dikairono, MSc, Muhtadin, MT., Achmad Zaini, MSc dan seluruh tim serta mahasiswa Robotika. Masih banyak lagi prestasi juara dunia dan nasional yang diraih mahasiswa ITS tahun 2020 dan 2021, seperti Shell Eco Marathon, Chem e-Car, robot soccer, humanoid, international design, sustainable environment, energy dan sebagainya.

Pertambahan Profesor baru sebanyak 24 orang dalam 2 tahun merupakan capaian eksponensial. QS WUR, posisi ITS meningkat ke rangking 751+ tahun 2021, dari posisi 801+ tahun 2020.

Setelah vakum beberapa tahun terakhir, pada November 2019 ITS mendapat tambahan 4 Profesor baru. Dilanjutkan pada tahun 2020, hingga Maret 2021, total tambahan Profesor baru ITS sebanyak 24 orang. Sebuah sejarah baru bagi ITS, yang semula 93 profesor ditahun 2018, saat ini menjadi 117 profesor, belum termasuk emiritus.

Terimakasih Dr. Ahmad Rusdiansyah WR3, ibu Dr. Srigunani Partiwi beserta tim SDMO dan seluruh Bidang 3, tim kepangkatan di Fakultas dan Departemen.

QS world university ranking (WUR) menempatkan ITS di peringkat dunia, naik dari posisi 801+ tahun 2020, menjadi 750+ di tahun 2021. Reputasi akademik, publikasi dan sitasi karya ilmiah, staf dan kegiatan internasional merupakan topik penilaian oleh QS.

Terimakasih atas kontribusinya kepada Dr. Maria Anityasari, Dr. Rulli Pratiwi, Dr. Satria Nur Irfansyah dengan seluruh tim Direktorat Kemitraan Global ITS, serta Kantor Penjaminan Mutu, prof Aulia S.A dan tim.

Times Higher Education (THE) merilis Impact Rangking universitas terhadap kepedulian pada program SDG (Sustainable Development Goals), menempatkan ITS pada posisi 1 di Indonesia, dan ke 64 peringkat dunia.

Times Higher Education (THE) Impact ranking, merupakan penilaian terhadap kepedulian universitas akan program SDG (Sustainable Development Goals). Terdapat 4 aspek yang dinilai yaitu: riset, pengajaran, pengelolaan, dan dampak ke masyarakat. ITS pada posisi terbaik no 1 di Indonesia tahun 2021, sebelumnya di posisi 9.

Terimakasih atas kontribusi seluruh fakultas, departemen, Direktorat Kemitraan Global, juga Direktorat Pendidikan ibu Dr. Siti Machmudah, Drs. Agus Gunaryo, Direktorat Pasca Sarjana Dr. Hery Kuswanto beserta seluruh jajaran. Demikian juga, Smart Eco Campus, ibu Susi A. Wilujeng, ST., M.T., bapak Herdayanto Sulistyo Putro S.Si., M.Si. (Danang) beserta seluruh tim.

THE Impact ranking untuk level dunia, ITS berada di peringkat ke 64. Ini merupakan capaian yang luar biasa super eksponensial karena di tahun 2020 ITS berada di rangking 401+ dunia.

Terimakasih atas kontribusi para peneliti, pengabdian pada masyarakat, Dr. Agus Muhammad Hatta, Dr. Fadlilatul Taufany, Dr. M. Lalu Jaelani beserta seluruh tim Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat, tim DIKST dan seluruh dosen serta peneliti ITS.

Keterbukaan Informasi Publik, dibagi dalam 5 kategori: tidak informatif, kurang informatif, cukup informatif, menuju informatif, informatif. Tahun 2019, ITS masuk dalam kategori “Cukup Informatif”, kemudian pada tahun 2020 melompat langsung ke kategori “Informatif”, tanpa melalui “Menuju Informatif”.

Terimakasih kepada Sekretaris Institut alm. Dr. Suhartono, bu Dr. Umi Laili Yuhana, bu Anggra Ayu Rucitra, ST., MMT. beserta seluruh tim Unit Komunikasi Publik, dan Drs. Ec. Murtriono, MSi beserta Biro Umum dan Reformasi Birokrasi. Terimakasih atas kontribusi tim Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) bapak Rizky J. Akbar, S.Kom, M.Eng beserta seluruh jajaran.

Suasana ruang kelas lama (gambar atas), dan smart classroom baru (gambar bawah)

Dalam 2 tahun terakhir telah dilakukan perombakan besar di sistem keuangan dan aset. Sebanyak 93 ruang Smart Classroom telah direnovasi di setiap departemen. Gedung 11 lantai Tower ITS 1, di area Fakultas Sains dan Analitika Data, telah dirampungkan hingga dapat digunakan untuk common sharing classroom. Gedung ini telah dibangun sejak tahun 2013, dan baru dapat difungsikan pada tahun 2021. Laboratorium juga dilakukan upgrade peralatan, maupun pembuatan konten praktikum online. Lebih dari 300 konten kuliah daring telah dibuat dan dikelola dalam sistem awan, yang dikembangkan oleh Dr. Bagus Jati Santoso, bersama Rizky J. Akbar, S.Kom, MEng. direktur dan jajaran DPTSI.

Terimakasih kepada seluruh tim support, Dr. Mas Agus Mardyanto WR2, Drs. Tri Budi Utama, Dr. Syaeful Bahri, dalam Biro keuangan dan Audit, Dr. Suwadi, Drs. Hadi Siswanto dalam tim Perencanaan dan Sarpras. Terimakasih atas support tim pengelola bisnis Dr. Tri Joko Wahyu Adi.

Fakultas dan Sekolah.

  1. Fakultas Scientics, Dekan Dr. Hamzah Fansuri, Wadek Prof. Mardliyah.
  2. Fakultas Indsys, Dekan Dr. Wawan Aris Widodo, Wadek Dr. Juwari
  3. Fakultas Civplan, Dekan Dr. Murni Rachmawati, Wadek Dr. Ervina Wahyudanari
  4. Fakultas Martech, Dekan Dr. Trika Pitana, Wadek Dr. Rudi Waluyo
  5. Fakultas Electics, Dekan Dr. Ketut Eddy Purnama, Wadek Dr. Diana Purwitasari
  6. Fakultas Creabiz, Dekan Dr. Imam Baihaqi, Wadek Dr. Ellya Zulaikha
  7. Fakultas Vokasi, Dekan Prof. Sigit Darmawan, Wadek Dr. Bambang Sampurno.
  8. Sekolah Interdisiplin Manajemen Teknologi, Kepala Prof. Nyoman Pujawan, Wakil Dr. Haryo Dwito Armono.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Melaju Eksponensial and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.