Menu Close

“State-of-the-Art” Penelitian

Tulisan tentang State-of-the-art ini saya tulis karena saya menemukan banyak mahasiswa-mahasiswa S2 saya bahkan calon mahasiswa S3 tidak mampu menjelaskan secara akademik alasan atau justifikasi dari pemilihan topik penelitian mereka, pertanyaan penelitian (research questions), pemilihan metode penelitiannya, kebaruan (novelty), hingga kontribusi penelitian mereka bagi ilmu pengetahuan (knowledge contribution).

Sebagai contoh (hanya sekedar untuk ilustrasi):
seorang mahasiswa S2 mengajukan topik penelitian berjudul “Manajemen Perubahan e-Government dengan Kerangka Kerja COBIT 5 dan ADKAR”. Ternyata mahasiswa tersebut tidak mampu memberikan justifikasi dari keputusan rencana penelitiannya, diantaranya justifikasi akademik terkait:
– Mengapa memilih meneliti Manajemen Perubahan e-Government?
– Apakah penelitian tentang Manajemen Perubahan e-Government yang terkini? (dilakukan oleh siapa, tahun berapa?)
– Apa tren, metode umum, dan hasil-hasil yang ada dari penelitian-penelitian Manajemen Perubahan e-Government yang telah ada?
– Hal-hal (aspek-aspek) apa saja terkait Manajemen Perubahan e-Government yang belum diteliti oleh peneliti-peneliti sebelumnya namun urgen diteliti (Knowledge Gaps)?
– Mengapa memakai COBIT? Mengapa memakai COBIT 5, bukankah versi terkini COBIT adalah COBIT 2019? Mengapa tidak memakai kerangka kerja Tata Kelola IT yang lain? Sudahkah membandingkan? Mengapa menggabungkan COBIT dengan model Manajemen Perubahan ADKAR, bukankah di COBIT sudah ada model Manajemen Perubahan juga? Bagaimana perbandingan dengan model/kerangka kerja Manajemen Perubahan lainnya (seperti practices Change Control & Organizational Change di ITIL 4)?

Ketidakmampuan mahasiswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, plus tidak adanya pemaparan terkait hal tersebut di Bagian STUDI PUSTAKA menunjukkan bahwa Mahasiswa tersebut belum melakukan State-of-the-Art Review atau dikatakan State-of-the-art rencana penelitiannya masih rendah atau belum ada. Melalui tulisan ini saya ingin sharing tentang Apa itu dan Bagaimana membangun dan menyajikan State-of-the-Art sebuah Penelitian secara baik? dan memotivasi mahasiswa S2 dan calon mahasiswa S3 untuk mampu membangun & menyajikan State-of-the-Art penelitiannya dengan baik.


PENGERTIAN STATE-OF-THE-ART (SoTA)?

Istilah “State-of-the-art” didokumentasi di Kamus Inggris Oxfort pertama kali tahun 1910 yang diadopsi dari manual teknis berjudul “Gas Turbine: progress in the design and construction of turbines operated by gases of combustion” yang ditulis Henry Harrison Suplee yakni dari kalimat “In the present state-of-the-art this is all that can be done“. Nah, sejak awal kata “art” dalam istilah “state-of-the-art” Bukanlah berarti Seni, melainkan lebih mengacu ke Teknik/Metode/Cara. Inilah yang sering membuat banyak orang bingung saat mencoba menterjemahkan istilah state-of-the-art berdasar kata-kata penyusunnya 🙂

Istilah “State-of-the-art” atau disingkat SoTA seringkali digantikan dengan istilah “Cutting Edge” atau “Leading Edge” yang berarti level tertinggi & terkini dari pengembangan sebuah alat/teknik/topik penelitian tertentu.

Sebagai contoh State-of-the-art produk iPhone di tahun 2021 adalah “iPhone 13” dengan feature yang lebih baik dari produk-produk iPhone sebelumnya (versi iPhone 12 ke bawah) yakni support teknologi 5G, chip lebih cepat yakni versi A15, dan kualitas kamera lebih baik.

Dalam konteks penelitian, State-of-the-Art adalah bagian/aktivitas dalam penelitian yang memaparkan:
Hasil penelitian paling terkini dari topik yang kita pilih?
Tren penelitian terkini atau Prioritas Penelitian dari topik yang kita pilih?
Permasalahan (issues) terkini dari penelitian dan praktis terkait topik yang kita pilih?
Standar-standar terkini dari topik yang kita pilih?


***State-of-the-Art (SoTA) digali dan disampaikan dengan LITERATURE REVIEW***

Agar kita sebagai Peneliti mampu memaparkan State-of-the-art dari penelitian kita maka kita wajib melakukan KAJIAN PUSTAKA atau LITERATURE REVIEW secara komprehensif terkait:
– Pemahaman konsep-konsep yang terkait dalam penelitian kita
– Teori, model-model, Kerangka Kerja, Standar, metode dan/atau teknologi yang akan diacu atau terkait dengan penelitian kita
– Penelitian-penelitian dilingkup topik penelitian kita yang sudah ada sebelumnya hingga yang terkini.

A state-of-the-art review considers mainly the most current research in a given area or concerning a given topic. It often summarizes current and emerging practical trends, research priorities and standardization in a particular field of interest”. (Elsevier.com)

State-of-the-art—> Knowledge Gap —>Novelty–>Contribution to Knowledge


Bagaimana STATE-OF-THE-ART Penelitian kita dapat kita rumuskan melalui LITERATURE REVIEW?

Untuk dapat menemukan dan menulis State-of-the-Art sebuah penelitian, seorang peneliti harus melakukan Kajian Pustaka (Literature Review) laporan-laporan penelitian terkini (umumnya 5 tahun terakhir) dalam jumlah yang relatif banyak. Peneliti harus banyak MEMBACA, MEMBACA, dan MEMBACA secara AKTIF/KRITIS Paper-Paper terkini yang terkait dengan penelitiannya! Melalui LITERATURE REVIEW tersebut Peneliti harus mampu:

  1. Mengidentifikasi dan memahami konsep-konsep, ide-ide, dan temuan-temuan utama, praktik umum, standar, dan/ tren penelitian sebelumnya hingga penelitian yang paling terkini yang terkait dan sesuai dengan penelitian kita.
  2. Dari memahami poin 1 tersebut maka kita sebagai Peneliti harus mampu mengidentifikasi Kesenjangan-Kesenjangan Pengetahuan (Knowledge Gaps) apa saja yang masih ada: dapat berupa hal/aspek yang belum diteliti, masih berpotensi masalah, atau belum mampu dijawab oleh penelitian-penelitian yang sudah ada sehingga berpotensi untuk diteliti lebih lanjut.
  3. Dari identifikasi Knowledge Gaps di poin 2 inilah akhirnya kita sebagai Peneliti akan dapat memilih Knowledge Gap mana yang akan kita jawab dengan Penelitian kita? sehingga kita dapat merumuskan:
    – apa Keterbaruan (Novelty) dari Penelitian kita? (yang membedakan dan menjadi kelebihan penelitian kita dari penelitian-penelitian yang sudah ada)
    – Pertanyaan Penelitian (Research Questions) kita?
    – Kontribusi Pengetahuan (Knowledge Contribution) penelitian kita? (sebaiknya mampu disampaikan secara spesifik teori atau model apa yang akan di-enhance dari hasil penelitian kita?)
  4. Dari aktivitas 1 s/d 3 di atas Peneliti juga akan mampu menemukan alasan/justifikasi akademik mengapa memilih Subjek Penelitian tertentu, Ruang Lingkup Penelitian, Metode Penelitian, Alat/Tools yang dipakai, Sampel yang dipilih, Model/Kerangka Kerja/Standar yang digunakan, dan hal-hal lain yang dilakukan dalam aktivitas penelitiannya.

Apabila sebuah Proposal Penelitian telah mampu melakukan aktivitas dan menyajikan hal-hal di poin 1 s/d 4 diatas maka dapat dikatakan Penelitian tersebut telah memiliki “State-of-the-Art” yang Baik serta memiliki Novelty dan potensi Knowledge Contribution yang jelas.

Gap Analysis in E-commerce Product Catalog -

Agar sebuah Studi Pustaka (Literature review) dapat dipercaya, maka REFERENSI dari Literature Review sebaiknya diambil dari paper-paper akademik dari jurnal bereputasi atau minimal dari paper yang terbit melalui proses peer-review

Untuk dapat menemukan dan menulis State-of-the-Art sebuah penelitian, seorang peneliti harus melakukan Kajian Pustaka (Literature Review) laporan-laporan penelitian TERKINI (umumnya 5 tahun terakhir) dalam JUMLAH yang relatif banyak. Peneliti harus banyak MEMBACA, MEMBACA, dan MEMBACA secara AKTIF/KRITIS Paper-Paper terkini yang terkait dengan penelitiannya!

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by "State-of-the-Art" Penelitian and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *