Menu Close

Bagaimana e-Government Mengubah Negara?

Saya percaya, untuk merubah sebuah NEGARA menjadi Lebih Baik, salah satu kuncinya adalah dengan merubah BIROKRASI dan BIROKRATnya.

Untuk merubah BIROKRASI dan BIROKRATnya, salah satu alat (tool) yang sangat powerful adalah e-GOVERNMENT.

Memang tidak mudah, karena e-Government, yang pada intinya adalah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki karakteristik yang hampir sebagian besar BERBEDA dengan karakteristik BIROKRAT dan BIROKRASI penggunanya.

Sebagai contoh:

TIK memiliki karakteristik berorientasi FUNGSI (Value yang diterima Users), EFISIENSI (waktu, tempat, biaya), KENYAMANAN (dapat diakses kapan saja dan di mana saja), memandang User sama (EGALITER), dan bersifat Transparan (siapa melakukan apa di dalam sistem TIK akan dapat ditelusuri).

Sementara BIROKRASI dan BIROKRAT umumnya berorientasi pada keKUASAan (siapa yang berwenang? dan siapa yang lebih membutuhkan layanan?), Bekerja berdasar Instruksi TOP-DOWN dan berdasar Peraturan, bersifat PROSEDURAL terlalu panjang sehingga sering mengabaikan Efisiensi, memandang User Tidak Sama tergantung siapa anda, dan cenderung bersifat hati-hati dan tertutup guna menghindari resiko.

e-GOVERNMENT menurut saya seperti sebuah pusaka yang memiliki “pamor” positif. Artinya siapapun pemerintah yang mau memakainya maka budaya, aturan, dan karakteritik positif yang melekat pada teknologi dan sistem e-Government mau tidak mau, suka tidak suka, harus juga diadopsi dan dilaksanakan oleh institusi pemerintah penggunanya. Selain itu siapapun organisasi dan pejabat pemerintah yang menggunakan e-Government minimal akan terlihat KEREN secara lokal, nasional, maupun internasional, bahkan seringkali akan memperoleh PENGHARGAAN (Awards) hingga akhirnya akan meningkatkan Popularitas dan Elektabilitasnya sehingga terpilih kembali di Pemilu atau meningkat secara karir.

Saya percaya dan saya bertekad: e-Government dengan karakter-karakter baiknya seharusnya menjadi BAGIAN DARI SOLUSI MASALAH, dan tidak boleh menjadi Bagian dari Tambahan Masalah Bangsa ini!

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Bagaimana e-Government Mengubah Negara? and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *