Menu Close

METODOLOGI Penelitian vs. METODE Penelitian?

Seringkali kita menemukan banyak dosen atau peneliti bahkan nama Mata Kuliah salah kaprah menyamakan istilah Metodologi Penelitian dengan Metode Penelitian. Dua istilah yang kedengarannya mirip ini sesungguhnya berbeda dan seharusnya digunakan dengan benar. Berikut penjelasannya:

AspekMETODOLOGI PenelitianMETODE Penelitian
Definisi:Ilmu yang mempelajari bagaimana memilih Metode Penelitian yang cocokTeknik & Prosedur yang diterapkan peneliti dalam mengerjakan penelitiannya (menjawab Research Questions)
Langkah untuk menjawab Research Questions dengan efektif dan efisien.
Alasan mengapa peneliti memilih metode penelitian tertentu yang paling cocok untuk penelitiannyaBagaimana peneliti mengidentifikasi, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis Data
Contoh:Apakah jumlah sample sudah mewakili populasi?
Metode apakah yang paling tepat digunakan untuk menjawab Research Questions?
Apakah instrumen pengumpulan data telah benar (valid & reliable)?
Survey, Eksperimen, Action Research, Case Study, dll
Wawancara, Questionnaire, Observasi, dll
Narative analysis, SEM, Covariant Analysis, dll
Wujud:Ilmu untuk memahami bagaimana penelitian dilakukan secara tersistematis.Tindakan dan alat (tools) yang dilakukan dalam teknik penelitian, termasuk teknik pengumpulan data, teknik analisis data, teknik validasi instrumen dan hasil penelitian.
Terdiri dari:Berbagai strategi mencapai Tujuan PenelitianBerbagai teknik investigasi
Tujuan:Memastikan Metode Penelitian yang dipilih benar untuk menjawab Research QuestionsMenjawab Research Questions
KESIMPULAN:Metodologi Penelitian lebih luas dan mencakup Metode Penelitian dan alasan pemilihannyalebih kecil, yakni bagian dari Metodologi Penelitian

Dengan demikian jelas semestinya nama mata kuliahnya adalah “Metodologi Penelitian” di mana salah satu materi yang diajarkan adalah “Metode Penelitian” 🙂 disamping materi lain seperti Literature Review, Systematic Mapping Study, dll.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by METODOLOGI Penelitian vs. METODE Penelitian? and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *