Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak

Rekayasa Kebutuhan – S1

Kode MK: KI141328

Nama Mata Kuliah: Rekayasa Kebutuhan

SKS : 3 SKS

Semester : 6

Tujuan Pembelajaran (Learning Outcome):

Mahasiswa mampu membuat dan mendokumentasikan Spesifiksi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dengan baik, baik secara mandiri atau juga dalam kerjasama tim

Rincian Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan aktifitas-aktifitas dalam rekayasa kebutuhan perangkat lunak
  2. Mahasiswa mampu membuat skenario
  3. Mahasiswa mampu memilih metodepengumpulan kebutuhan dan melakukan pengumpulan kebutuhan perangkat lunak
  4. Mahasiswa mampu memilih metode analisis dan melakukan analisis kebutuhan perangkat lunak
  5. Mahasiswa mampu memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan berorientasi obyek
  6. Mahasiswa mampu memilih metode, menspesifikasikan dan mendokumentasikan kebutuhan perangkat lunak
  7. Mahasiswa mampu memilih metode verifikasi dan melakukan verifikasi kebutuhan perangkat lunak

Pokok Bahasan:

Pengantar Rekayasa Kebutuhan: Definisi Rekayasa Kebutuhan, Mengapa perlu Rekayasa Kebutuhan, Rekayasa Kebutuhan sebagai bagian dari Rekayasa Perangkat Lunak, Pengenalan proses-proses dalam Rekayasa Kebutuhan. Mendeskripsikan domain permasalahan dari sistem yang hendak dibangun; Scenario; Elisitasi Kebutuhan: Definisi, Kendala dalam pengumpulan kebutuhan, Pelaku dalam pengumpulan kebutuhan, Langkah pengumpulan kebutuhan, Dokumen visi produk dan ruang lingkup.Teknik-teknik pengumpulan data. Kakas bantu untuk pengumpulan kebutuhan; Analisis Kebutuhan; Pendekatan analisis kebutuhan, Deliverables dan artifak. Pendekatan terstruktur. Pendekatan berorientasi obyek. VORD. Kakas bantu untuk analisis kebutuhan; Pembuatan Model Sistem Use Case: Notasi Use Case, Langkah pembuatan Use Case, Deskripsi Use Case; Spesifiksi Kebutuhan: Teknik spesifikasi kebutuhan, Template dokumen spesifikasi kebutuhan. Atribut kualitas perangkat lunak, Aspek perhatian stakeholder. Kakas bantu untuk spesifikasi kebutuhan, Deskripsi Kebutuhan Non-Fungsional yang SMART. Kebutuhan yang spesifik, Kebutuhan yang terukur, Kebutuhan yang dapat dicapai, Kebutuhan yang dapat direalisasikan, Kebutuhan yang dibatasi waktu, Pelacakan kebutuhan; Validasi Kebutuhan: Jenis verifikasi,Teknik verifikasi kebutuhan, Mendefinisikan kriteria penerimaan, Kakas bantu untuk verifikasi. Perubahan kebutuhan. Manajemen perubahan kebutuhan;

Pustaka Utama:

  • Daniel Siahaan, Analisis Kebutuhan dalam Rekayasa Perangkat Lunak, Penerbit Andi, 2011.

Pustaka penunjang yang digunakan adalah:

  • Karl E Wiegers, Software Requirements, 2nd Edition, Microsoft, 2003.
  • Ian K. Bray, An Introduction to Requirements Engineering, Addison Wesley, 2002.
  • R.H. Thayer & M. Dorfman, Software Requirements Engineering, Second Edition, John Wiley & Sons, 1999
  • Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008.
Minggu ke

Sub Kompetensi / TIK

Materi / Topik

1

Mahasiswa menjelaskan aktivitas-aktivitas dalam rekayasa kebutuhan perangkat lunak

Pengantar Rekayasa Kebutuhan:Definisi Rekayasa Kebutuhan, Mengapa perlu Rekayasa Kebutuhan, Rekayasa Kebutuhan sebagai bagian dari Rekayasa Perangkat Lunak, Pengenalan proses-proses dalam Rekayasa Kebutuhan. Mendeskripsikan domain permasalahan dari sistem yang hendak dibangun

2

Uji Kompetensi 1
Pembahasan Uji Kompetensi 1

3

Mahasiswa mampu membuat scenario

Scenario

4

Uji Kompetensi 2
Pembahasan Uji Kompetensi 2

5

Mahasiswa mampu memilih metode dan melakukan pengumpulan kebutuhan perangkat lunak

Elisitasi Kebutuhan:

Definisi, Kendala dalam pengumpulan kebutuhan, Pelaku dalam pengumpulan kebutuhan, Langkah pengumpulan kebutuhan, Dokumen visi produk dan ruang lingkup.Teknik-teknik pengumpulan data. Kakas bantu untuk pengumpulan kebutuhan.

6

Uji Kompetensi 3
Pembahasan Uji Kompetensi 3

7

Mahasiswa mampu memilih metode dan melakukan analisa kebutuhan perangkat lunak

Analisis Kebutuhan:

Pendekatan analisis kebutuhan, Deliverables dan artifak. Pendekatan terstruktur. Pendekatan berorientasi obyek. VORD. Kakas bantu untuk analisis kebutuhan.

8

Uji Kompetensi 3
Pembahasan Uji Kompetensi 3

9

Mahasiswa mampu memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan berorientasi obyek.

Pembuatan Model Sistem: Use Case:

Notasi Use Case, Langkah pembuatan Use Case, Deskripsi Use Case.

10

Uji Kompetensi 4
Pembahasan Uji Kompetensi 4

11

Mahasiswa mampu memilih metode, menspesifikasikan serta mendokumentasikan kebutuhan perangkat lunak

Spesifikasi Kebutuhan

Teknik spesifikasi kebutuhan, Template dokumen spesifikasi kebutuhan. Atribut kualitas perangkat lunak, Aspek perhatian stakeholder. Kakas bantu untuk spesifikasi kebutuhan.

12

Uji Kompetensi 3
Pembahasan Uji Kompetensi 3

13

Deskripsi Kebutuhan Non-Fungsional yang SMART

Kebutuhan yang spesifik, Kebutuhan yang terukur, Kebutuhan yang dapat dicapai, Kebutuhan yang dapat direalisasikan, Kebutuhan yang dibatasi waktu, Pelacakan kebutuhan.

14

Uji Kompetensi 5
Pembahasan Uji Kompetensi 5

15

Mahasiswa mampu memilih metode dan memverifikasi kebutuhan perangkat lunak

Verifikasi Kebutuhan:

Jenis verifikasi,Teknik verifikasi kebutuhan, Mendefinisikan kriteria penerimaan, Kakas bantu untuk verifikasi. Perubahan kebutuhan. Manajemen perubahan kebutuhan.

16

Uji Kompetensi 3
Pembahasan Uji Kompetensi 3

17

Mahasiswa mampu menjelaskan metode, case tool, aplikasi, atau best practice terkini di bidang rekayasa kebutuhan

Trend di bidang Rekayasa Kebutuhan (pengayaan)

18

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Rekayasa Kebutuhan - S1 and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *