Workshop OPPEK di Tretes View Akhir Tahun 2010
OPPEK (Orientasi Pengembangan Pendamping Kemahasiswaan) adalah serangkaian kegiatan terstruktur yang diselenggarakan untuk membantu para pendamping kemahasiswaan mencapai kesepakatan tentang cara-cara yang sebaiknya diterapkan dalam menangani masalah-masalah kemahasiswaan di perguruan tinggi masing-masing [1]
Saya berkesempatan mengikuti OPPEK yang diadakan oleh bagian kemahasiswaan ITS. Kegiatan OPPEK yang saya ikuti ini dilaksanakan pada tanggal 10-12 Desember 2010 di Hotel Tretes View, Pasuruan. Peserta kegiatan ini adalah para pendamping kemahasiswaan dari berbagai jurusan di ITS. Acara dibuka oleh Pembantu Rektor III, Pak Suasmoro, pada hari Jum’at pukul 16.00. Dalam kesempatan ini juga disinggung sedikit tentang jargon CAK (cerdas, amanah, kreatif)-nya ITS serta hal apa yang dapat dilakukan untuk mewujudkan SDM yang CAK.
Saya bersama pak Ari Mazharuddin Shidiq ditunjuk oleh Ketua Jurusan Teknik Informatika untuk mengikuti kegiatan ini sebagai wakil dari Jurusan Teknik Informatika. Beberapa dosen pendamping dari Informatika telah mendapatkan orientasi ini. Bersama beberapa dosen dari jurusan lain, termasuk sebagian ketua jurusan dan pembantu dekan III, kami aktfi berpartisipasi dalam setiap diskusi yang dilakukan.
Kegiatan ini bertujuan diadakan dengan tujuan agar para peserta OPPEK dapat menerapkan fungsi pendamping kemahasiswaan dengan mengetahui kondisi dunia kemahasiswaan di Indonesia, mengetahui pola pengembangan kemahasiswaan secara nasional, memahami dinamika kehidupan mahasiswa. Selain itu diharapkan peserta dapat menjalankan tugas pendamping kemahasiswaan dengan memahami sejumlah gaya kerja, menerapkan gaya kerja dalam bernegosiasi, menyepakati gaya kerja yang sebaiknya diterapkan di perguruan tinggi masing-masing.
Untuk mencapai tujuan yang diinginkan tersebut, beberapat materi telah diramu dalam kurikulum OPPEK yang meliputi materi pengembangan wawasan dan pengembangan sikap dan ketrampilan antara lain berupa materi
- Pola pengembangan kemahasiswaan
- Pemahaman Konsep OPPEK
- Konsep LKMM
- Informasi Kemahasiswaan
- Identifikasi Masalah Kemahasiswaan
- Persepsi
- Standard Kerja Non Teknis
- Gaya Kerja dan
- Negosiasi
Selain itu tersedia juga bahan suplemen berupa aspirasi mahasiswa tentang kemahasiswaan, tim kerja pendamping kemahasiswaan, peran mahasiswa dalam politik nasional dan bahan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan ITS.
Kegiatan ini dipandu oleh Pemandu yang telah berpengalaman yang merupakan pemandu OPPEK nasional antara lain Pak Indra dan Pak Heru. Dengan metode analisis-pengalaman, peserta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan eksperimental dan melakukan analisis untuk menyimpulkan hasil-hasil kegiatan. Dengan memahami peran dan fungsi pendamping serta tujuan pendampingan, diharapkan para pendamping dapat membantu mahasiswa menjadi mahasiswa yang cerdas dan kompetitif yang mampu mengembangkan kapabilitas intelektual mahasiswa, menumbuhkembangkan kreativitas dan semangat kewirausahaan untuk meningkatkan daya saing bangsa, meningkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan, dan moral mahasiswa, serta menanamkan rasa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.
Semoga ilmu yang saya dapatkan dalam workshop orientasi ini menjadi ilmu yang bermanfaat dan berguna bagi saya pribadi, civitas akademika ITS, agama, bangsa dan negara. amien.
Daftar Pustaka:
[1]. Buku OPPEK (Orientasi Pengembangan Pendamping Kemahasiswaan), Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan TInggi Direktorat Kelembagaan 2010, diperbanyak oleh: Bagian Kemahasiswaan BAAK-ITS
Post Disclaimer
The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Workshop OPPEK di Tretes View Akhir Tahun 2010 and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.