SMK Terbaik di Indonesia untuk Referensi PPDB

Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Apakah ada di antara kalian yang ingin melanjutkan studi ke SMK? Apa perbedaan SMK dengan SMA biasa? Apa saja jurusan dan mata pelajaran di SMK? Kita bahas di artikel ini.

Perbedaan Antara Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan

Oke, kita mulai dari panjangnya dulu. SMA adalah singkatan dari High School, yang lebih banyak mengajarkan teori daripada praktik. Secara umum SMA memiliki 3 kelompok peminatan yaitu IPA, IPS dan bahasa. Siswa diajarkan pengetahuan teoritis untuk akses ke pendidikan tinggi.

Sedangkan SMK adalah singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Namanya sudah menunjukkan bahwa SMK diperuntukkan bagi mereka yang ingin bekerja setelah tamat sekolah. Peminatan di SMK lebih spesifik dan beragam, mulai dari kelautan, farmasi, katering, multimedia, dan lain-lain. Namun, siswa SMK juga dapat melanjutkan studi di D3, D4 atau S1.

Perbedaan paling kentara antara SMK dan SMA adalah adanya PKL atau Prakerin. Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi mahasiswa profesional di bidang industri yang sesuai dengan keahlian mahasiswa sesuai dengan bidang pekerjaannya. Contoh: Anak SMK farmasi sering berjualan di apotek, klinik, atau rumah sakit. PKL juga dikenal sebagai magang.

SMK terbaik di Indonesia.

Tertarik untuk masuk SMK tapi masih bingung menentukan pilihan? Jangan khawatir, LTMPT baru-baru ini menerbitkan data SMK terbaik di Indonesia untuk referensi pendaftaran di PPDB 2022. Berikut daftarnya:

  1. SMK SMAK Bogor
    SMA Analis Kimia atau sering disingkat SMAKBO menempati urutan pertama sebagai sekolah profesional terbaik di Indonesia. Didirikan pada tahun 1985, SMK ini berada di bawah naungan Departemen Perindustrian Republik Indonesia dan hanya memiliki 1 peminatan yaitu Analis Kimia. SMAK SMAK Bogor memproduksi analis kimia atau pekerja lab menengah siap untuk pelatihan 4 tahun.

Alamat : Jalan Binamarga I RT 004 RW 008, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

2.SMKSMTI Yogyakarta
Selain SMAKBO, SMA Teknologi Industri Yogyakarta juga berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian RI. Ada 3 keahlian atau spesialisasi yang dapat dipilih: Kimia Analitik, Kimia Industri, dan Mekatronika. Masa pelatihan di SMTI Yogyakarta adalah 4 tahun. Alumni SMK SMTI Yogyakarta dapat bekerja di bengkel atau perusahaan manufaktur di dalam dan luar negeri.

Alamat: Jl. Kusumanegara n.3, Semaki, Kec. Umbulharjo, kota Yogyakarta.

  1. SMK Negeri 2 Depok Sleman
    Berdiri sejak tahun 1997. Masa studi siswa di SMKN 2 Depok adalah 3 tahun untuk Jurusan Pemodelan dan Desain Informasi Bangunan (DPIB), Kimia Teknik (KI), Body Building (TBO), dan Teknik Proses petrokimia dan perminyakan (TPMGP). ) . Sedangkan Jurusan Aplikasi Jaringan Informatika (SIJA), Geologi Pertambangan (GP), Teknik Komunikasi dan Elektronika Tenaga (TEDK), Teknik Manajemen Pemeliharaan Otomotif (TMPO), Analisis Kimia (KI), Teknik Manufaktur Manufaktur Logam (TFLM), Teknik Otomasi Industri (TOI) dan Maintenance Sanitary Structural Engineering (KGSP) diambil untuk magang selama 4 tahun.

Alamat: Jl. Desarrollo STM, Mrican, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. SMK Negeri 1 Wonosari
    SMK Negeri 1 Wonosari menduduki peringkat ke-4 dan merupakan salah satu SMK terbaik di Indonesia. Keahlian atau spesialisasi yang dapat dipilih mahasiswa adalah Akuntansi dan Lembaga Keuangan, Bisnis dan Pemasaran Online, Multimedia, Manajemen Perkantoran, Busana, dan Kecantikan Kulit dan Rambut. Ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai kelas IPS. Hebatnya lagi, semua lomba SMKN 1 Wonosari telah memenangkan beberapa lomba di tingkat provinsi dan nasional.

Alamat: Jl. Veterani, Madusari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. SMK Negeri 1 Temanggung
    Apakah kamu menyukai pelajaran biologi dan kimia? Di SMKN 1 Temanggung, Anda dapat menemukan spesialisasi dalam agribisnis, produksi dan manajemen perkebunan, dan kimia analitik. Didirikan pada tahun 1969, pengembangan kurikulum di sekolah ini didukung oleh berbagai perusahaan dan LIPI Yogyakarta untuk memastikan siswa memiliki keterampilan yang mumpuni. Ternyata, siswa SMKN 1 Temanggung bisa langsung bekerja setelah lulus, lho!

Kunjungi >>>> smknpenerbanganaceh.id

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by SMK Terbaik di Indonesia untuk Referensi PPDB and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published.