Menu Close

Tips Mudik Via Pesawat *Sub-Lop*

Setelah kenaikan tiket pesawat, yang dimulai akhir 2018, beban penumpang tidak hanya terkait tiket, tapi juga beban tambahan karena dihapuskan biaya gratis bagasi 20kg, oleh berbagai maskapai.

Jika bepergian ke dan dari Lombok/Surabaya, untuk menghindari biaya bagasi tinggi, bisa dilakukan dengan:

  1. Bawa barang ke kabin. Untuk tas/koper kecil dg maksimal berat 7 kg, usahakan isinya tidak merepotkan saat pemeriksaan (misal baju dll)
  2. Lakukan pembelian bagasi pra-bayar melalui website maskapai terkait. Jika menggunakan lion-air, biaya Rp. 85.000/5kg, dapat dipesan 6 jam sebelum keberangkatan. Jangan lupa, pembayaran hanya menerima kartu kredit. Pastikan berat bagasi tidak berbeda jauh dg yang dipesan. Kelebihan akan dibayar saat check-in, jika kurang akan hangus
  3. Jika terpaksa, beli bagasi saat check-in, biaya Rp. 19.000 per kg (atau 95.000/5kg). Cara ini bisa lebih hemat, jika tidak bisa memperkirakan berat bagasi di point (2)
  4. Bawalah barang seperlunya, jika ada oleh-oleh yang bisa dibeli di bandara tujuan, beli di sana saja.

Dengan dihapuskannya bagasi gratis 20kg, terlihat banyak perubahan di bandara dan di dalam pesawat. Makin lebih banyak penumpang yang membawa barang ke kabin; Pramugari makin kerepotan mengatur koper dan barang bawaan penumpang dan terjadi antrian lebih lama dan panjang di loket check-in. Antrian di loket ini disebabkan oleh tidak atau kurang banyaknya penumpang yang membeli bagasi pra-bayar serta tidak menyatunya konter pembayaran bagasi di loket check-in. Penumpang harus ke loket lainnya untuk membayar (dan juga mengantri lagi), serta kembali lagi ke loket check-in untuk menyerahkan bukti pembelian bagasi.

Salam mudik aman dan nyaman (*lmj)

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Tips Mudik Via Pesawat *Sub-Lop* and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *