Menu Close

ITS Adakan Ujian Sertifikasi Tenaga Profesional Bidang Informasi Geospasial

Dalam rangka turut menjalankan amanat Undang-Undang No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG)  untuk menjamin ketersediaan dan akses terhadap IG yang dapat dipertanggungjawabkan, ITS sebagai salah satu perguruan tinggi partner strategis dari Badan Informasi Geospasial (BIG), turut andil dalam penyiapan  SDM bidang IG yang bersertifikat dan berlisensi. Penyiapan SDM dengan standard global ini tidak hanya dimaksudkan agar produk-produk Informasi Geospasial  yang dihasilkan di Indonesia memiliki kualitas tinggi  dan dapat dipertanggungjawabkan, namun juga agar SDM bidang IG Indonesia bisa bersaing di kancah global.

Bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Tenaga Profesional – Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (LSTP-MAPIN), TUK IG ITS untuk pertama kalinya melaksanakan ujian sertifikasi kompetensi sub bidang penginderaan jauh (PJ) (level 5 dan 6), serta sistem informasi geogragis (SIG) (level 5,6 dan 7). Ujian ini berlangsung satu hari penuh di kantor Pusat Studi Kebumian, Bencana dan Perubahan Iklim (PSKBPI) LPPM, Gedung Pusat Riset Lantai 7 pada hari sabtu (24/3). Secara umum, proses sertifikasi dimulai dengan asesmen mandiri, ujian praktek, ujian lisan (wawancara) dan diskusi akhir antara assesor dan setiap asesi. Satu hari sebelumnya, semua asesi mendapatkan penjelasan proses sertifikasi yang diadakan di ruang sidang LPPM.

Ujian sertifikasi bidang informasi geospasial yang pertama kali di adakan di luar Jakarta, Bogor dan Bandung ini diikuti oleh 9 orang peserta dari Surabaya, Jakarta dan Makassar. Rencananya, ujian sejenis akan diselenggarakan setiap bulan. TUK IG ITS saat ini baru bekerjasama dengan LSTP MAPIN. LSTP ini telah terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional), satu satunya anggota IAF (International Acreditation Forum) mewakili Indonesia. Dengan demikian, sertifikat yang dikeluarkan tidak hanya berlaku di Indonesia saja, tapi juga berlaku secara internasional. Selain dengan LSTP MAPIN, TUK IG ini sedang menjajaki kerjasama sejenis dengan  LSP Survey Pemetaan Ikatan Surveyor Indonesia (LSP-ISI).

Menurut Lalu Muhamad Jaelani, Kepala PSKBPI, TUK IG ITS memang didirikan di PSKBPI, sebagai salah satu turunan dari Kelompok Kajian Infrastruktur Data Spasial (PPIDS). Selanjutnya, TUK IG ITS yang dikoordinatori oleh Dr. Danar Guruh Pratomo akan dilepas  dari PSKBPI dan bergabung dengan  Unit ITS Training Center. Unit ini adalah unit usaha ITS yang fokus dalam penyelenggaraaan Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by ITS Adakan Ujian Sertifikasi Tenaga Profesional Bidang Informasi Geospasial and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *