Menu Close

Terkejut, Bangse Sasak = Bangse Yunnan + Bangse Antu

Sudah lama sekali rasanya, sejakpertama kali  menulis tentang Asal Usul Bangse Sasak, praktis tulisan tersebut yang pertama kali dimuat di situs resmi Komunitas Sasak, hanya mengalami dua kali revisi. Sengaja saya tidak melakukan revisi, menunggu ada infromasi besar yang radikal sebagai alasan menerbitkan versi ke 3.

Memang, sejak awal kehadirannya, tulisan tersebut tidak dan bukan merupakan tulisan ilmiah yang “dapat” dipertanggung jawabkan. Tulisan itu hanyalah hasil penelusuran dari sudut pandang sempit saya. Tak mengapa, karena kehadirannya sungguh menjadi gerbang awal penguakan sejarah besar Bangse Sasak.

Hari ini, ditengah kesibukan yang membuat diri ini penat, seorang kawan meninggalkan jejak di bawah tulisan tersebut, sebut sajalah namanya Tio Alexander, dia memperkenalkan diri dengan kalimat berikut:

Saya adalah peminat sejarah peradaban tinggi di masa lampau yang bersumber dari Al-Qur’an. Saat saya sedang meneliti tentang Dzulqarnain dan Ya’juj & Ma’juj yang ternyata adalah Ya’juj (Bangsa China) & Ma’juj (Bangsa Mongol & Trans Siberian) yang saat itu sedang berperang, muncul hubungan antara bangsa Yunan yang saat itu menjadi salah satu korban perang mereka.

Bangsa Yunan yang terdesak kemudian menyebar ke arah selatan yaitu Asia Tenggara. Beberapa mendiami Indocina (Vietnam, Thai, Cambodia, dll) dan yang lainnya menyebar ke Nusantara. Ternyata saat saya mencari tahu tentang proses penyebaran mereka, terdapatlah informasi tentang Bangsa Antu, yaitu bangsa yang pertama kali mendiami Nusantara. Perawakan mereka yaitu tubuh yang relatif pendek dan kulit yang berwana kuning. Saat ini bangsa antu sudah punah karena terdesak oleh bangsa Yunan yang bermigrasi ke Nusantara..

Diperkirakan bangsa antu terakhir mendiami kepulauan Sunda Kecil (Sumba Sumbawa) dan berasimilasi dengan bangsa Yunan, hasilnya adalah SUKU SASAK yang ada sekarang ini. karena itu nggak heran kalau bahasa sasak mirip sekali dengan bahasa Vietnam dan Tagalog, karena itulah bahasa-bahasa yang terdekat dengan bahasa Yunan. Dzulqarnain datang ke China kira-kira pada tahun 1300 SM. Penyebaran bangsa Nusantara diperkirakan beberapa abad sebelumnya karena perang Ya’juj Ma’juj berlangsung selama ratusan tahun. Saya minta tolong sekali kepada teman2 dari sasak untuk membantu mencari informasi tentang Bangsa Antu karena informasi yang minim sekali tentang mereka. Terima Kasih banyak. Wassalam. Tio Alexander.

Perkenalan yang membuat saya sempat tertegun, inilah saatnya saya diberikan oleh Allah, teman seperjuangan yang akan menemani saya menelusuri lebih jauh asal usul bangsa saya.

Dari data yang dia sodorkan, sampai saat ini saya kesulitan untuk menjejak Bangsa Untu. Saya hanya bisa menelusuri sedikit informasi tentang Yunnan. Informasi mengenai Yunnan yang saya peroleh dari answer.com, sebagai berikut:

Yunan (Yunnan) tidak meeujuk kepada sebuah bangsa atau etnik, ia adalah sebuta dari sebuah daerah diselatan cina.

云 yún – cloud
南 nán – south
“South of the Cloud Mountains”

Yunnan adalah nama daerah di selatan cina, berbatasan langsung dengan vietnam. Yunnan didiami oleh etnik;

Han – 67%
Yi – 11%
Bai – 3.6%
Hani – 3.4%
Zhuang – 2.7%
Dai – 2.7%
Miao – 2.5%
Hui – 1.5%

Yang menarik bagi saya adalah gambar penari yunnan berikut.

Bagi anda Bangse Sasak, atau yang pernah tinggal lama di Pulau Lombok, akan merasakan sangat banyak kesamaan “identitas” penari tersebut, baik pakaian, cara memegang kipas dan rumah yang menjadi latarnya dengan apa yang dimiliki Bangse Sasak. Perlu lebih banyak waktu dan energi untuk bisa menelusisrinya lebih jauh.

persiapan revisi besar besaran,

Lalu Muhamad Jaelani

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Terkejut, Bangse Sasak = Bangse Yunnan + Bangse Antu and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

29 Comments

  1. Le Wharid

    ada kemungkinan ga miq kalau suku sasak itu percampuran antara yunan, antu, aztec, indian, dan suku-suku lain yan ada di seluruh belahan dunia ini ? (jangan terlalu dipikirkan jawabannya miq….)

    • Hamzan Fatoni

      Sy senang sekaligus sedih dalam membaca salah satu artikel side…senangnya itu adalah ternyata banyak generasi milenial ingin tau sejarah moyangnya.
      Dan yang sedihnya adalah.
      Berawal dari melihat sebuah tugas siswa SD yang mencari sejarah lombok…
      Dan sy membaca itu.
      Tentang pengklasifikasian bahasa yang ada di pulau lombok…
      Side disana tidak menuliskan LOMBOK TIMUR… entah sengaja atau tidak… tetapi sy sedih apakah nenek moyang kami orag lombok timur NGNO NGNE harus di hilangkan dari sejarah yang ada…
      Padahal bukti tertua bangsa s
      Lombok ada di timur…
      Sy peribadi sedang menyusun “LISAN SASAK”
      Dari era kedudukan karang asem hingga zaman belanda 1894 nenek moyang kami (lotim ngno ngne) seakan jadi penonoton saja… hampir di semua buku catatan sejarah lokal menulis itu… tetapi sedikit aneh rasanya melihat data sejarah org org bali melalu rajanya terjun langsung mengawasi pergerakan nenek moyang kami lotim ngno ngne di kotaraja hingga 1920… sangat mengelitik rasanya bembahas peradaban buktinya ada di timur eksistensinya dI tengah atau barat… arca araca dan artefak tertua bangsa ini ada di wilayah kami lombok timur ngno ngne… namun masih banyak yang menutup mata akan hal itu siapa yang patut kami salahkan.
      Tetapi itu adalh semangat besar bagi sy…
      Dengan izin allah bila ada umur panjjang saat nya kami di timur memunculkan yang tenggelam ke permukaan..

      Bangsa sasak harus mengenal diri dari lisan mereka bukan

      • lmjaelani

        Ampurayan miq, banyak yang salah di sini. Tulisan ini sifatnya exploratif, supaya ada keinginan banyak pihak untuk menelusuri lebih jauh. Saya sangat senang jika pelungguh menjadi salah satu orang yang melakukannya. Salam hormat untuk semua pepadu sasak di manapun berada.

  2. Amaqn Dai

    ya, asaya setuju dengan apa yang di tulis oleh sdr jailani, tapi akan membingungkan apabila suku sasak ini terus di telusuri, hingga jaman batu pun tidak akan selesai, menurut saya akan selesai pada zaman nabi adam, itu manusianya, itu terlepas dari pendapat para ahli tentang teory terbentuknya manuasia.
    tapi kalau menurut saya tentukan batas penelusuran berdasarkan tahun atau zaman bahkan garis keturunan, menurut saya kalau di telusuri menurut garis keturunan, harus menentukan anutan sistimnya yaitu paternal or maternal, saya tidak jauh2 mengambil contoh saya menikah dengan wanita jepang, yang mungkin merupakan perpaduan dari Han,Yi,Bai,Hani,Zhuang,Miao,Hui dan menjadi ainu, tapi kalau di lihat dari hasil penelusuran anda, saya senang bisa membacanya dan berharap anda menemukan asal asli suku sasak sejak dinyatakan namanya sebagai “suku sasak”

  3. beni

    COBA LIHAT REFRENSI DARI SEJARAH DAERAH NTB terbitan proyek penelitian dan pencatatan kebudayaan daerah departemen pendidikan dan kebudayaan 1977/1978,, yang saya tangkap dari berbagai sumber tulisan dan lisan ( lontar dan babad ) dapat kita ketahui berbagai nama untuk pulau lombok, nama lombokini dapat kita ketahui dalam negara kertagama ( decawanana ). dalam lontar itu lombok mirah untuk LOMBOK BARAT dan SASAK ADI untuk lombok timur. dari sumber lisan pulau ini bernama pulau sasak, oleh karena pulau ini di zaman dulu di tumbuhi hutan belantara yang sangat rapat. merupakan dinding. dari kata seksek ini lah timbul nama sasak untuk pulau ini. Dr CH goris menguraikan arti kata sasask secara estimologis : sasak adalah kata sansekerta, yang berasal dari kata SAK = pergi, SAKA = ASAL , jadi orang sasak adalah orang yang pergi dari negeri asal dengan menggunakan rakit sebagai kendaraan, Pegi dari JAWA dan mengumpul di LOMBOK. pendapat para goris ini dapat di buktikan dengan silsilah para bangsawan, hasil sastera tertulis yang di ubah dalam bahasa jawa madia dan berhuru jejawan ( huruf sasak )_. . Baca sejarah Daerah NTB

  4. beni

    jd bingung pas di youtube jg beda ya miq,, jd yang bnr mn ya?? ada yang bilaq orang asal sasak para prajurit patih gajah mada yang sudah bosan perang dan mendiami lombok barat khusunya dan lombok timur dari orang” makasar yang mendirikan selaparang, sehingga terasa pengaruh islam di lotim berbeda dengan lobar dan loteng yang lebih agak kejawen.. hal ini dapat di telusuri dengan nama” tempat di lobar yang mirip dengan nama di pulau jawa seperti Kediri, tegal dsb…. dan segi” bahasa jg

  5. kydyaja

    Wah lamun marak meriak jek bingung kaku masih, sengak nden man pas kance perasaan kaku. Sak jeneng arak-arak pas sekedik jek ceriten Tio Alexander. Laguk lamuk mekir-mekir harusn arak pembuktian …. he he he …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *