Menu Close

Konsep Image Processing untuk aplikasi geo-sains (Sebuah Pengantar)

Istilah Pengolahan Citra (Image Processing) mengacu pada penggunaan komputer untuk memanipulasi data dalam format gambar (untuk memudahkan, selanjutnya disebut citra) yang tersimpan dalam format digital.

Tujuan utama dalam pekerjaan pengolahan citra untuk aplikasi geo-sains adalah meningkatkan pemanfaatan data geografis yang tersimpan dalam format digital agar mendatangkan ‘manfaat lebih’ bagi pengguna, menghasilkan informasi kwantitatif dan memecahkan berbagai masalah terkait.

larik

Larik sebuah citra digital disimpan sebagai larik dua dimensi (grid) dari area kecil yang disebut pixels (picture elements), dan setiap pixel terhubung secara spasial dengan area permukaan bumi.

Larik ini disebut juga sebagai raster, sehingga data citra sering diasosiasikan sebagai data raster. Data raster tersusun dalam baris horizontal (selanjutnya disebut lines) dan kolom vertical (selanjutnya disebut samples). Setiap pixel dalam citra raster diwakili oleh sebuah Digital Number (selanjutnya disingkat DN).


DN yang diwakili dari setiap data bisa menunjukkan hal yang berbeda tergantung dari sumber datanya, berikut beberapa contohnya:

  1. Data yang berasal dari Citra Satelit (Landsat dan Spot), DNnya menunjukkan intensitas cahaya yang dipantulkan oleh gelombang tampak, infra merah, atau gelombang lainnya
  2. Data yang berasal dari RADAR (SAR-Synthetic Aperture Radar), DNnya menunjukkan kekuatan pulse RADAR yang kembali ke antenna.
  3. Data DTM (Digital Terrain Models), DNnya menunjukkan elevasi dari Terrain

Walaupun tipe data DN tergantung dari sumber datanya, Semua tipe data dapat disimpan dalam format raster.

Ref: Er Mapper tutorial
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Konsep Image Processing untuk aplikasi geo-sains (Sebuah Pengantar) and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

8 Comments

  1. Pingback:Aplikasi Pengolahan Citra « lalu.sasak.org

  2. Pingback:Konsep Image Processing untuk aplikasi geo-sains (Sebuah Pengantar) « Dianovianti’s Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *