Menu Close

Mudik ke Lombok ..

Hari Jum’at lalu, sebelum lebaran tiba.

Biasanya saya mudik ke Lombok menggunakan BUS Malam, langsung dari Surabaya. Setahu saya hanya tahun lalu saja menggunakan pesawat. Lebaran ini, sebenarnya mau mudik pakai BUS juga, karena sudah di Banyuwangi rencananya naik BUS Surabaya-Mataram di Banyuwangi, resikonya karcis harus banyar penuh! 250.000, walaupun perjalanan tinggal separuh.  Tapi entahlah, setiba di Ketapang, Walau ditunggu tunggu, BUS Malam tidak kunjung tiba, langsung saja saya putuskan estafet, dari keatapang naik BUS KA menuju Denpasar, Bayar 40 Ribu, anehnya penumpangnya saya sendiri.

Sesampai di Denpasar, Hari sudah siang, lelah sekali, apalagi dalam kondisi berpuasa. Setelah Sholat dan nunggu L300 yang nunggu penumpang penuh, sekitar jam 3 Siang, kami meluncur ke PadangBay, perjalanan 63 KM hanya ditempuh kurang dari satu jam, lewat  Bypass, kali ini bayarnya 35 Ribu, katanya sih patungan.

Beberapa menit sebelum jam 4, beli tiket (20 Ribu 500 dulu) di Padang Bay, dilanjutkan dengan naik ferry ke Lombok, Hah .. pelayaran cukup melelahkan, Buka puasapun harus di kapal dengan POP Mie yang harganya selaut  selangit.  tepat jam 9 Malam, Ferry berlabuh di Pelabuhan Lembar, Lombok terlihat tenang dan damai, “Hallo, Welcome to Lombok!”.

Bersama 2 Orang Tentara, yang saya kenal di kapal, saya kemudian melanjutkan perjalanan ke Terminal Mandalika di Bertais menggunakan Taxi2-an, Bayarnya juga mahal 60 Ribu.  Sesampai di mandalika, seperti biasa, kalau sudah di atas magrib, jangan harap dapat angkutan umum di terminal ini, sepi, yang ada cuma ojek dan “preman”. Untung kakak sudah ada disana, Perjalannpun dilanjutkan dengan sepeda motor ke Kotaraja, dingin sekali. Alhamdulillah jam 11 malam saya bisa ketemu dengan keluarga di Lombok. Assalamu’alaikum!

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Mudik ke Lombok .. and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

109 Comments

  1. Rangga

    Halo, salam kenal, saya mau rencana perjalanan ke surabaya bali lombok bulan depan. Kalau ada, saya berencana naik bus dr surabaya langsung ke lombok. Tetapi seandainya tidak ada, kita berencana naik bus terpisah dr bali ke lombok.
    Bisa dibantu informasinya? Terima kasih sekali

  2. lmjaelani

    Perjalanan Surabaya Lombok, bisa menggunakan pesawat harganya sekitar 300 rb. Kalau menggunakan BUS, tarifnya beragam (200-250 rb), di Bungurasih banyak sekali BUS malam yang lewat Mataram (lombok), biasanya Bus ini adalah Bus jurusan Jakarta _Bima, Surabaya_Bima, jarang ada BUS Surabaya_Mataram. Tapi Saudara dapat menggunakan 2 jurusan pertama, karena toh pasti lewat Mataram, sepengetahuan dan sedikit pengalaman saya, menggunakan Bus tersebut lebih nyawan dan cepat.

    Alternatif terakhir (jika duit pas pas-an dan punya waktu banyak), saudara bisa mencoba menggunakan Kereta Api dengan tiket langsung ke Denpasar, sesampai Banyuwangi, Saudara akan diangkut oleh Bus punyanya KA. dari Denpasar bisa dilanjutkan dengan menggunakan L300 sampai Pelabuhan Padang Bai, perjalanan kemudian dilanjutkan dg Kapal penyeberangan sampai Lembar. dari Lembar naik L300 menuju Terminal Mandalika, dari sini saudara bisa melanjutkan perjalanan kemana saja.

  3. Rendy

    Halo, saya melihat panduan anda untuk Surabaya Mataram.
    Kalau boleh tahu, dari bungurasih sampai mataram itu berapa lama?
    dan ada tidak transport dari Mataram ke senggigih?
    terima kasih banyak sebelumnya……

  4. Rendy

    Oh yah, kalau saya memakai alternatif yang menggunakan kereta api, L300, dll kira2 berbeda jauh tidak harganya dengan langsung menggunakan bus SBY – mataram?
    Terima kasih …..

  5. lmjaelani

    Mas Rendy, Perjalanan Surabaya Mataram dengan menggunakan pesawat (45 menit), Bus Malam (20-24 jam, tergantung kepadatan di daerah porong dan selama penyeberangan Jawa-Bali_Lombok). Sementara kalau menggunakan cara estafet (KA: 7 Jam, Nyebrang Banyuwangi -Gili Manuk : sekitar satu jam, Gili MAnuk – Denpasar : 2-3 jam, Denpasar -Padang Bai : 1 jam, Padang Bai – Lembar; 5 jam, Lembar – Terminal 45 menit, Terminal – Senggigi : 1 jam. Total sekitar 18 jam, tapi biasanya lebih dari 24 jam jika waktu antri dihitung)

    Untuk Biaya antara bUs langsung dengan estafet bisa selisih sekitar 50 ribu (estafet lebih murah), tapi perjalanan dengan estafet tidak saya rekomendasikan terutama jika perjalanan Anda ini adalh yang pertama kali, apalagi sekarang sedang musim hujan.

    Transportasi (umum) dari Terminal langsung ke Senggigi setahu saya tidak ada. tapi bisa disiasati dengan naik Lyn (bemo kuning) dari terminal mandalika ke Ampenan. dari ampenan nanti anik kendaraan (saya tidak tahu persis, tapi saya yakin ada karena lokasnya sudah sangat dekat sekali dg sengigi).

    demikian mas ferdy, semoga membantu.

  6. Rangga

    Halo mas, thx buat info saya dan rendy. Mas, kalau dari Senggigi sendiri mau ke Bangsal bisa naek apa yah?
    Terakhir, gimana ttg perjalanan balik dr Lombok sendiri ke Bali ?
    Thx bgt

  7. lmjaelani

    Mohon maaf, pertanyaan Mas Rangga tidak bisa saya jawab, jadi saya tanya dulu ke teman teman saya. Intinya angkutan umum dari senggigi Via jalan pinggir pantai (senggigi – bangsal) tidak ada, tapi kalo taksi banyak..

    sementara untuk balik ke Bali, bisa menggunakan fasilitas yang sama, tinggal membalik trayeknya saja.

  8. Rangga

    Oh harus naik taksi yah mas ke Bangsal. Karena saya menginap di daerah senggigi. Kalau boleh tahu, kisaran harganya berapa yah? apa itu alternatif terbaik ?

    Dan saya sudah dapat info bus dr SBy ke lombok langsung.
    Mengenai jam keberangkatan dari lombok ke bali, kira2 jam berapa yah mas?
    Thx

  9. lmjaelani

    untuk perjalanan senggigi -bangsal , menurut teman saya hanya taksi yang bisa digunakan. mengenai tarifnya (maaf) saya kurang tahu.

    perjalanan dari Lombok ke Bali, jika ingin menggunakan BUs langsung (mataram-denpasar), jadwal Busnya jam sekitar jam 10, 12 dan jam 14. tapi kalau mau estafet, saudara tidak terpengaruh jadwal tersebut, paling hanya perlu menyesuaikan dengan jadwal penyeberangan Lembar- padang Bai.

  10. sTeLLa

    halo, salam kenal..
    saya ingin bertanya bbrp hal jika sy mengadakan tour kecil2an ke Lombok..
    1.Sarana transportasi dari senggigi ke bangsal jika naik taksi kr2 brp harganya, mengingat sy tdk tahu tarif dan jarak disana..apakah lebih baik sy menyewa motor per hari?krn sy bertujuan u/ menghemat biaya dan pergi sekitar 10org..

    2.kr2 brp yg harus dikeluarkan jika sy Balik dr Gili ke Bangsal ke lembar..agar sy dpt membuat anggaran u/ rute tsb..

    3.u/ akses balik ke denpasar sy hanya tau ada L300 dr mandalika lembar dan bus lsg ke denpasar..kr2 brp biaya yg hrs dikeluarkan..

    terima kasih atas bantuannya..

  11. yusranil

    Wah, Miq Jen niki ternyata duta Sasak tulen, selain membangun komunitas dunia maya Sasak, juga mensponsori perkembangan wisata Lombok.
    Salut gati tiang, kapan tiang memiliki dedikasi yang tinggi untuk Sasak seperti miq Jen.
    Salam

  12. lmjaelani

    # For Stella: terimakasih atas keputusan saudara untuk berwisata ke Lombok. kami sangat senang mendengarnya. untuk informasi selanjutnya silahkan hubungi teman saya di Lombok, namanya Ikhsan Sunaryo, beliau punya travel, selihakan hubungi beliau di nomor telepon 0370 642152 atau hp
    0817366064 untuk info lbih lanjut.

    Welcome to Lombok

    # Yusranil, araq araq doang side meton:-)

  13. pan

    hi, salam kenal
    saya mau tanya,
    L300 itu beroperasi dari jam brapa, sampai jam brapa?

    Pertanyaan lain kyk nya dah di tanya oleh bapak rendy, rangga n ibu stella ^_^V
    trim’s

  14. lmjaelani

    L300 jurusan Lembar- Terminal Mandalika, kayaknya selalu standby di Lembar. Tapi dari jurusan sebaliknya beroperasi pagi-sore saja.

    untuk L300 Jurusan Denpasar- Padang Bai, sepertinya hanya beroperasi siang hari.

  15. rizal

    minta info neh.
    saya ada rencana ngabisin liburan bulan february ke bali, tapi abis baca blog ini jd pengen ke lombok.
    kalo naik pesawat dr
    surabaya ke mataram, sktr 300rb. kira2 airlines apa aja yg menyediakan rute sby-lombok?saya udah muter2 nyari di web booking online kok gak ada?
    kalo info hotel yg bagus di lombok?dgn budget 500rb semalem kira2 dapet hotel di senggigi yg gmn ya?
    thnks before

  16. lmjaelani

    Rizal, Terimakasih atas pertanyaan dan atensi saudara untuk berkunjung ke Pulau Lombok,
    Tiket Pesawat kelombok memang sekitar 275- 400 ribu. Ada beberapa alternatif yang bisa digunakan:Lion Air, Wing Air, Garuda, City Link dan terakhir merpati. Saya pernah pakai Wing dan Merpati. Untuk Garuda dan Lion Air harganya paling Mahal. Saudara bisa coba Merpati, cukup Nyaman dengan harga yang tidak terlalu Mahal.

    Untuk Informasi Hotel dengan Anggaran 500 ribu/malam bisa di :Sengigi Beach Hotel Bintang 4, Jayakarta Hotel Bintang 4, Sentosa Villas and Resort Bintang 4 , kamarnya dapat yang STANDARD dan semua sudah termasuk makan pagi.

    Banyak sekali untuk penyewaan sepeda motor…harganya 35,000 Ribu/Hari,

    Catatan:
    Saudara bisa menghubungi teman saya, Pak Basri di 0370-6609477 atau di 081-8362905 untuk informasi selengkapnya.

  17. Rangga

    Mas, kalau dari Mataram Denpasar itu ada ga bus yang khusus jurusan denpasar saja?
    Karena setau saya ada yang jurusan Mataram Surabaya, tapi harganya mahal 130rb, karena 1 tarif.

  18. romli

    Mas mau nanya ni..
    Akhir bulan ni berencana mau ke Rinjani lewat Sembalun.
    Kebetulan cuma libur 6 hari.
    Mau nanya nih, transport dari Surabaya ke Mataram jam berapa ya berangkatnya? trus sekarang harga tiketnya berapa.
    Kalo pesawat dari surabaya ke Mataram sekarang sekitar berapa yah..
    satu lagi..
    pulangnya, dari Mataram ke Surabaya naik bus, jadwalnya berangkat jam berapa yah?
    thanks infonya…

    boleh, di bales ke romli@ast.co.id

  19. lmjaelani

    Mas Romli, saya coba jawab satu satu ya:

    “transport dari Surabaya ke Mataram jam berapa ya berangkatnya? trus sekarang harga tiketnya berapa.”

    untuk bis, pemberangkatan dari terminal Bungurasih sekitar jam 13.00, 16.00 dan 18.00, tiketnya maksimal Rp250.000

    “Kalo pesawat dari surabaya ke Mataram sekarang sekitar berapa yah.”

    kalo pakai pesawat, bisa pakai Batavia Air, wing Air, Merpati atau garuda, harganya sekitar Rp. 390.000 -Rp/ 519.000, pemesanan makin jauh hari akan dapat harga lebih murah.

    “pulangnya, dari Mataram ke Surabaya naik bus, jadwalnya berangkat jam berapa yah?”

    Bus dari Mataram, jadwalnya sekitar jam 11.00, 14.00 dan 16.00 WITA (waktu setempat), harga tiket sby-mtr sama maksimal 250.000.

    oke mas, selamat berpetualang.

  20. tomy gumilar

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Mas Jaelani, perkenalkan nama saya Tomy, guru bahasa Inggris SMAN 3 Blitar, yang akan mengikuti pelatihan TOT di gedung LPMP Mataram JL. Panji Tilarnegara 8 mulai 30 April sd 13 Mei 2008.

    Rencana saya akan naik bus malam (jika naik pesawat, tiket kemungkinan tidak akan diganti oleh dinas).

    Oleh panitia diharuskan check in tanggal 30 April maks jam 15:00. So, tanggal dan jam berapa saya harus naik dari Bungurasih? supaya perjalanan saya nyaman dan yang tidak kalah pentingnya aman!!

    Seandainya saya datang 1 hari sebelum tanggal 30 April, saya sebaiknya menginap di mana? mengingat anggaran saya tipis maklum cuma PNS….

  21. lmjaelani

    Wa’alaikum salam Wr. Wb,

    Pak Tony Gumilar,
    Gedung LPMP Mataram JL. Panji Tilarnegara itu kalau gak salah dulu namanya Gedung BPG (Balai Pelatihan Guru). Tepatnya persis didepan Sekolah saya (dulu), SMA 2 MAtaram. Dekat juga dengan Museum NTB.

    Jika panitia mengharuskan check in tanggal 30 April maks jam 15:00, Bapak bisa berangkat dari Surabaya sehari sebelumnya, yakni tanggal 29 Aprilnya, ambil BUS malam jam yang berangkat jam 13 , setiap hari jadwal keberangkatan BUS dari surabaya ke mataram pada jam 13, 16, dan 18. Kalau berangkat jam 13.00 dari Surabaya, Bapak akan sampai di Terminal MAndalika sekitar jam segitu juga, butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke LPMP (karena lokasinya di Ampenan, barat mataram)

    Tapi kalau mau santai dan untuk jaga jaga bisa berangkat tanggal 28 nya, penginapan terdekat ada di Perempatan SERUNI, disana ada WISMA NUSANTARA. ini adalah perempatan dan penginapan terdekat dari lokasi LPMP. Kalau Bapak menginap di Wisma Nusantara, jangan lupa untuk mencoba PECEL yang ada di dekat wisma itu, MANTAB!

    untuk jadwal keberangkatan, silahkan bapak cek komentar yang ada di atas komentar bapak, sudah beberapa kali saya sebut.

  22. lmjaelani

    Wa’alaikum salam Wr. Wb,

    Pak Tony Gumilar,
    Gedung LPMP Mataram JL. Panji Tilarnegara itu kalau gak salah dulu namanya Gedung BPG (Balai Pelatihan Guru). Tepatnya persis didepan Sekolah saya (dulu), SMA 2 MAtaram. Dekat juga dengan Museum NTB.

    Jika panitia mengharuskan check in tanggal 30 April maks jam 15:00, Bapak bisa berangkat dari Surabaya sehari sebelumnya, yakni tanggal 29 Aprilnya, ambil BUS malam jam yang berangkat jam 13 , setiap hari jadwal keberangkatan BUS dari surabaya ke mataram pada jam 13, 16, dan 18. Kalau berangkat jam 13.00 dari Surabaya, Bapak akan sampai di Terminal MAndalika sekitar jam segitu juga, butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke LPMP (karena lokasinya di Ampenan, barat mataram)

    Tapi kalau mau santai dan untuk jaga jaga bisa berangkat tanggal 28 nya, penginapan terdekat ada di Perempatan SERUNI, disana ada WISMA NUSANTARA. ini adalah perempatan dan penginapan terdekat dari lokasi LPMP. Kalau Bapak menginap di Wisma Nusantara, jangan lupa untuk mencoba PECEL yang ada di dekat wisma itu, MANTAB!

    untuk jadwal keberangkatan, silahkan bapak cek komentar yang ada di atas komentar bapak, sudah beberapa kali saya sebut.

  23. englishart

    Akhirnya sampai juga saya di Mataram pada tanggal 28 April 2008 jam 14.00 setelah berjam-jam melalui perjalanan darat dan laut yang lumanya melelahkan (tapi senang juga sih)

    Sampai di terminal saya naik taxi ke arah perempatan Seruni dan mencara penginapan wiswa Nusantara seperti yang mas Jaelani sarankan.

    Sayang, saya tidak ketemu dengan wisma Nusantara. Sopir taxi anehnya juga tidak tahu alamat tersebut. Akhirnya saya coba wisma yang ada di perempatan Seruni, namanya Wisma Seruni.

    Saat itu Wisma Seruni sepi sekali. Kog gak ada receptionist-nya ya? Setelah saya cari muter-muter ketemu juga. Ternyata receptionist-nya lagi menyabit rumput di belakang wisma.

    Alhamdulillah saya bisa menginap satu malam di wisma tersebut. Receptionistnya baik sekali, namanya Pak Rusdi. Saya benar-benar dilayani seperti Raja!

    Sayang, ternyata acara di LPMP dibatalkan dan di alihkan di gedung Al Ihsan, jalan Adi Sucipto. Yah capek deh. Tapi saya benar-benar menikmati panorama alam yang luar biasa yang tidak pernah saya jumpai di Jawa. Makanan yang ada di depan perpustakaan provinsi itu juga enak luar biasa benar-benar mantap pecelnya.

    Oh ya mungkin mas Jaelani kenal dengan Pak Muslim SPd Med ? beliau adalah guru SMAN 2 Mataram Lho? saya ketemu beliau di Training of Trainer.

  24. lmjaelani

    Alhamdulillah,

    selamat selamat pak,
    Pak Muslim SPd Med itu guru bahasa inggris saya waktu kelas satu, tapi sebentar, karena beliau harus pendidikan lanjut ke australia.

    salam untuk teman teman di Blitar, jangan lupa untuk kembali kelombok di lain waktu.

    lmjaelani

  25. Fita

    Salam Kenal Pak….
    Mau nanya, tanggal 30 Juli 2008 rencananya saya dan 2 orang teman (semuanya perempuan) berencana buat ke Rinjani melalui Desa Sembalun, karena ini adalah kali pertama kami ke lombok (Rinjani)saya ingin bertanya agak sedikit mendetail. Pertanyaan saya:
    1. Bagaimana rute (transportasi) dari surabaya-Desa Sembalun? kalau dari jawaban2 diatas dari surabaya-mataram bisa naik kereta, bus, atau pesawat. Jika saya naik Pesawat, setelah turun di bandara selaparang, adakah angkutan umum yang bisa mengantarkan kami untuk ke desa sembalun? dan bagaimana jika kami menggunakan bus,bagaimana caranya untuk sampai ke desa sembalun?
    2. Karena kami semuanya adalah wanita, kapankah waktu yang aman untuk sampai di terminal atau di bandara (untuk mencari transportasi lanjutan)?

    sori pak, kalau pertanyaan nya kebanyakan dan terima kasih sekali untuk pencerahan nya

  26. lmjaelani

    Mohon maaf sebelumnya, agak terlambat karena harus cari inforamsi dulu. Berikut infrmasi yang saya dapatkan dari seorang M. Ihsanul Wathony dalam milis Komunitas Sasak.


    Yang mau naik Rinjani Selamet Menikmati Keindahan Gunung Kami:
    Kalau dari Bandara selaparang kalau ibu-ibu dan mbak-mabak dateng sore hari di bandara mendingan nginap dulu dimataram semalem dan berangkat besok paginya…angkutan yang lansung ke sembalun memang ada di terminal mandalika kalau orang lombok nyebutnya engkel(Sejenis Kopaja atau Metromini dijakarta ) Bisa juga pakai Taxi…tapi pandai-pandai aja nawarnya nah nanti samapi semblun tanya aja jalur yang ke Pelawangan(pintu masuk Rinjani) Semua orang disana tau kok…..mungkin untuk nyampai puncak butuh 2 hari 2 malem Via ngCamp di danau segara anak…..(pokoknya usahakan berangkat pagi terus ibu-ibu)karena kalau sore biasanya transportasi agak susah kecuali carter.

    Nah Kebetulan Adik Saya adalah anak Mapala FE Unram yang sering bolak balik Rinjani kalau mau hubungi dia aja namanya Ali Imron atau Nama alamnya Shiro ini nmrnya 081915794859 atau info selebihnya ke nomer saya 0818365667….

    OK Selamet Berkelana ke GUNUNG RINJANI

  27. Inu

    salam kenal pak..

    saya Inu.. saya dan teman-teman saya berencana untuk liburan ke lombok awal agustus..
    apakah bapak tau tentang info kapal feri surabaya-lombok?
    jika tau, berapa ya harga tiketnya?
    berapa jam perjalanan ya naik kapal feri surabaya-lombok?

    kalau mau tau info lengkap untuk kapal feri surabaya-lombok, saya harus menghubungi kemana ya?

    terimakasih banyak sebelumnya..

  28. novie-pinky

    halo mas salam kenal, aya sudah dua kali traveling ke Lombok…keren dan indah banget deh pokonya Lombok…lebih bagus dari Bali kalo alamnya soalnya msh natural bgt gitu. Cuma dua kali pergi itu saya selalu menggunakan pesawat. Agustus ini saya berencana jalan2 lg ke Lombok tapi pulangnya saya mau mampir ke Bali. Dari Mataram ke Denpasar naik bis apa ya Mas? Dari jawaban mas diatas saya baca kok ngga ada nama bisnya. Kalo ada saya mau kontak dr sekarang maksudnya biar bisa pesen tiketnya dr sekarang. terimakasih untuk bantuannya mas 🙂

  29. Andre

    Salam Kenal Mas..

    Saya Andre tinggal di Jakarta. Rencanannya akhir September nanti mau naik Gunung Rinjani di Lombok. Permasalahaannya kami baru pertama kali menjelajahi Lombok. Rencanannya kami akan menggunakan kereta (anggaran kami terbatas. Sebaiknya saya ambil kereta tujuan Pasar Turi atau Gubeng ya, kalau saya mau melanjutkan perjalanan naik bis ke lombok dari Bungurasih? Atau mas punya saran alternatif yang lebih baik?

    Selanjutnya, dari Stasiun Bungurasih, saya sebaiknya mengambil jurusan apa jika mau ke Rinjani? Apakah ke Terminal Madalika (Seperti yang sudah Mas sebutkan sebelumnya?

    Terima Kasih

    Andre

  30. xta

    halo mas…salam kenal mau nyambung pertanyaan andre sebenernya dan untuk meyakinkan jalur yang mau diambil mohon konfirmasinya…

    saya berencana ke bali dr jakarta cuma mau naik kereta api…yang membuat saya bingung infonya masih simpang siur..tapi kalau saya baca postingan-2 sebelumnya saya mau simpulkan begini…

    Naik kereta dari Jakarta ke Sby Gubeng kemudian naik bis KA yang langsung ke banyuwangi trus gilimanuk kemudian nyebrang naik feri sampe bali…am i right???

    kalau mau ke lombok tinggal diterusin aja dr bali naik yang kearah lombok…

    mohon konfirmasinya ya mas…soale aku mau peginya akhir sept ini dan mau pesen tiket pp neh…

    thanks sebelumnya
    Tuhan berkati

  31. La Arie Banjar G

    Adalah seorang kawan yang hendak bertandang kelombok dari Rembang Jawa tengah, menggunakan mobil Pribadi, pertanyaannya, berapa biaya penyebrangan mobil pribadi dari P.bai – lembar. saya nggak tahu karena saya sendiri kalau pulang naik bis.
    Matur Tampiasih Bajang,sukses

  32. La Arie Banjar G

    Adalah seorang kawan yang hendak bertandang kelombok dari Rembang Jawa tengah, menggunakan mobil Pribadi, pertanyaannya, berapa biaya penyebrangan mobil pribadi dari P.bai – lembar. saya nggak tahu karena saya sendiri kalau pulang naik bis.
    Matur Tampiasih Bajang,sukses

  33. Kharisman

    Assalaamu’alaikum…
    Mas Jaelani, bagaimana kabarnya? Baru pulang dari Taiwan ya? Masih ingat saya? Saya Kharisman, kita sama-sama pernah daftar di S2 Teknik Informatika ITS. Saya pernah punya nomor HP-nya mas Jaelani, tapi sekarang sudah hilang, karena hp saya yang lama rusak.
    Sepertinya saya perlu info banyak tentang Lombok karena saya insyaAllah akan punya mertua orang Lombok. Saya butuh nomor hpnya Mas Jaelani lagi ya. Insya Allah tanggal 3 Okt ini saya ke Lombok

  34. greensand

    wah infonya bagus sekali mas, banyak yang terbantu. btw, saya juga mo minta bantuannya, kebetulan saya di surabaya dan mendadak ada keperluan di RSUD Lombok Barat, kira2 kalo menggunakan bus jalurnya kemana yang setelah dari Lembar??

    Terima Kasih Mas!

  35. rohadi

    paling sip….. ente minta aja di jemput di kawasan kediri.kan pakai bis bukan pakai bis……yang pastinnya bisa distop dimana aja dan kapan aja.ya aman dah perjalanan ente.ok

  36. atique

    salam…

    Mohon infonya donk, untuk penginapan yg murah dekat bandara selaparang (rate untuk bagpacker ya pak.. hehehehe).. soalnya paginya saya akan langsung ke senggigi…

  37. lmjaelani

    ini dapat informasi dari sdr. yushi:

    mungkin penginapan paling deket di daerah gomong, ada hotel airlangga..
    rate berkisar 80rb sampe 185rb..

    Menurut Bapak Jhilmi :
    Saya kira yang paling dekat adalah Wisma Triguna di Pelembak 1km arah barat Bandara
    room ratenya masih dibawah 100rb per malam

  38. lmjaelani

    sama sama,

    semoga kebutuhan para wisatawan domistik yang akan berkunjung ke lombok bisa kita penuhi. InsyaAllah, sebagai bentuk rasa terimakasih kami, Komunitas Sasak [www.sasak.org] akan menghadirkan Website Khusus Pariwisata Lombok, Nantikan kehadirannya di http://pulau-lombok.com direktori wisata pulau lombok

  39. aditya

    mas perkenalkan nama saya aditya
    saya mau wisata ke senggigi, dana akan melakukan perjalanan estafet,,
    kira-kira biaya hidup di sana gimana?(ukran mahasiswa ya hehe), dan penginapan yang murah dimana disekitar mataram?lalu dari mataram ke senggigi berapa ongkos angkotnya??
    terima kasih,,

  40. Nerissa

    Mas sy mau tanyak,,
    kalo tiket pesawat dari mataram ke surabaya tanggal 9 mei 2009 ,, berapa ya harganya?? pesawat lion dan garuda ..
    makasi ..
    kabarn sy secepatnya y ..

  41. ahmad ghozali

    mas jaelani yah, salam kenal.
    mas saya mau tahu harga tiket kapal ferry dari surabaya lombok tu berapa yah harganya terus kita di lombok ke pelabuhan apa yah? dan klo mau ke sengigi dari pelabuhan di lombok naik apa ajh. mas informasinya di tunggu sekaliyah..
    maksih sebelumnya dan kalo bisa tolong balas lewat mail saya
    munawwar_23gobike@yahoo.com

  42. lmjaelani

    Untuk kapal ferry dari surabaya ke Mataram saya kurang tahu persisnya, karena memang tidak pernah menggunakannya. Kapal ini adalah KAPAL PELNI dari tg Perak ke Pelabuhan Lembar (lombok), mungkin sekitar 220 ribu, namun tidak berangkat setiap hari.

    Biasanya, saya menggunakan jalur darat, PAKAI BUS atau Kereta ke banyuwangi, terus naik Ferri ke bali, lanjutkan BUS ke padang bae, baru naik ferri ke pelabuhan lembar (lombok)

    Bisa juga, dengan NAIK BUS langsung dari Surabaya Lombok (200-250 rb), cukup sekali bayar, sudah termasuk ongkos penyeberangan, BUS akan berhenti di terminal mandalika (MATARAM)

    bisa dicoba, naik Merpati, harga sekitar 400 ribu

  43. lmjaelani

    @ ahmad gozali, Jogja lombok tidak ada transport langsung, jadi perlu naik Bis atau KA dari jogja ke Surabaya. selanjutnya, silahkan ikuti jalur surabaya – mataram, bisa di cek di jawaban jawaban saya di atas

  44. lmjaelani

    @ ari, selaparang ke lembar tidak ada transport langsung, kecuali TAXI.
    Ari bisa naik taxi (sebentar) bisa ke mataram ( turun diujung jalan udayana), nanti naik ANGKOT Kuning menuju Terminal Mandalika, mungkin sekarang dah 2000 orngkosnya

    Atau, naik taxi langsung ke Terminal Mandalika, saya kurang tahu persis biayanya.

    Nah, dari terminal mandalika, ada angkot warna putih, L300 menuju lembar, ongkosnya juga dah lupa, lama tidak makai angutan ini, yang jelas sekitar 10 ribuan

    salam, have a nice trip for you

  45. kania

    Assalamuálaikum,
    salam kenal mas…
    saya udah baca beberapa postingan di atas mengenai transportasi k lombok, untuk memastikan, saya berdua dengan teman saya berencana mengunjungi gili2 yg indah d sana.
    planing kita sementara ini dari jakarta k bali naik pesawat, dari bali hanya tau bus perama yg saya cek harganya dari kuta k senggigi 350rb (mengingat kami berdua perempuan dan mencari jalan aman). tapi tidak tertutup kemungkinan kami mencari transportasi yg lebih murah karena memang budget terbatas.

    bisakah mas Jaelani memberikan alternatif transportasi beserta budgetnya ?
    dan apa bila kami mau k pantai senggigi serta ke gili trawangan dan gili lainnya menggunakan apa ?
    serta penginapan yg murah dan dekat lokasi tempat yang akan kita kunjungi dimana ?

    mungkin sementara itu saja informasi yg saya butuhkan, mohon pencerahannya.
    terima kasih banyak atas bantuannya

  46. Lombok Travelnet

    Mbak Kania,

    Untuk lebih detail mengenai perjalanan ke Lombok khususnya Senggigi dan Gili Trawangan, silahkan kunjungi website kami atau hubungi staf reservasi kami di 0370-6609477, 6841414, 6579425.

  47. Rangga

    Salam kenal pak.

    Saya mahasiswa Arsitektur yang sedang Kerja Praktek di Bali. Saya berencana untuk berpetualang ke Lombok dengan motor sendiri.

    Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan:

    1. Saya dapat info kalau menyeberang naik motor kira2 88rb (golongan II). Namun apakah penyeberangan Padang Bai ini punya jam penyeberangan atau setiap saat (seperti Gilimanuk – Ketapang)?

    2. Kira-kira di Pulau Lombok ini, lokasi penginapan yang cukup murah disinggahi kira-kira di mana ya? Berapa ya tarifnya?

    Terima kasih banyak dan salam kenal.
    Rangga.

  48. lmjaelani

    Salam kenal juga mas rangga,

    1. Jam penyeberangan per 2 jam mas: jam 6 pagi, 8, 10, 12, 14,…
    2. Di kota mataram akan banyak sekali tempat penginapan murah, seperti yang sudah saya informasikan di atas:
    hotel airlangga..
    rate berkisar 80rb sampe 185rb..
    Wisma Triguna di Pelembak 1km arah barat Bandara
    room ratenya masih dibawah 100rb per malam

    Untuk info lengkapnya, Saudara bisa menghubungi teman saya, Pak Basri di 0370-6609477 atau di 081-8362905 untuk informasi selengkapnya. Beliau adalah owner LOMBOK TravelNET

    Have a nice trip!

  49. juwita

    mas, mau nanya dong,,
    aku kan mau pake mobil, rencana mau ke bali n lombok..
    tau ga berapa harga ferri dr banyuwangi-gilimanuk sama dr bali ke mataram..
    d 1st time soalnya..
    kalo pake mobil, masih diitung org didalemnya apa bayar 1 mobil gt?

  50. juwita

    mas, mau nanya dong,,
    aku kan mau pake mobil, rencana mau ke bali n lombok..
    tau ga berapa harga ferri dr banyuwangi-gilimanuk sama dr bali ke mataram..
    d 1st time soalnya..
    kalo pake mobil, masih diitung org didalemnya apa bayar 1 mobil g

  51. saniarti

    saya mau tanya,,onkos pesawat dari bali ke lombok berapa ya???
    sy mau ke lombok bln februari taun depan.tlg informasikan klo ada sapa2 yg tau…o ya ada lgi,,pesawat yg slalu ke lombok itu apa ya?

  52. saniarti

    saya mau tanya,,onkos pesawat dari bali ke lombok berapa ya???
    sy mau ke lombok bln februari taun depan.tlg informasikan klo ada sapa2 yg tau…o ya ada lgi,,pesawat yg slalu ke lombok itu apa ya?

  53. ricky... jakarta

    mas saya mohon petunjuk yg bner2 detil…… mnuju gunung rinjani dri surabaya….. plus biaya’a……. krna sya blm sama sX mndaki gunung rinjani….

  54. hari

    ass mas,saya mau nnya klo transportasi dari terminal mataram ke gili trawangan mnggunakan apa mas? *dgn modal back packer
    brapa biayanya mas?
    thanks

  55. meilana

    salam,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon wisma nusantara di perempatan seruni. itu dekat dengan Jl. Swadaya Pak?
    saya coba tanya 108 koq tidak terdaftar nama wisma nusantara. mohon bantuan ya pak… terima kasih sebelumnya…

  56. tya fitri

    slam mas,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon NCH dounk,,,,
    saya sudah coba tanya di 108 kok belum terdaftar ya atas nama NCH,,,
    mohon bantuannya ,,,,,
    trimakasi sebelunya,,,

  57. tya fitri

    slam mas,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon NCH dan ail ihsan dounk,,,,
    saya sudah coba tanya di 108 kok belum terdaftar ya atas nama NCH,,,
    mohon bantuannya ,,,,,
    trimakasi sebelunya,,,

  58. tya fitri

    slam mas,,,
    mohon informasi untuk nomor telepon NCH dan ail ihsan dounk,,,,
    saya sudah coba tanya di 108 kok belum terdaftar ya atas nama NCH,,,
    mohon bantuannya ,,,,,
    trimakasi sebelunya,,,

  59. Andrie

    wah blognya menambah pengetahuan saya….
    mas no nya masih aktifkah
    sapa tau saya nyasar di Lombok
    jadi bisa nanya2 mas
    rencana mau pergi ke Rinjani untuk pertama kalinya
    hehehe

  60. Andrie

    wah blognya menambah pengetahuan saya….
    mas no nya masih aktifkah
    sapa tau saya nyasar di Lombok
    jadi bisa nanya2 mas
    rencana mau pergi ke Rinjani untuk pertama kalinya
    hehehe

  61. fiar

    semoga bisa membantu saya, awal bulan depan saya mau ke lombok seorang diri dan baru pertama x, kalau naik pesawat dari jkt-mataram,sampai mataram ke pelabuhan kayangan naik’y apa y? ongkos’y brapa?
    ada alternatif lain gak yg lebih hemat, kalau naik bus jkt-mataram biaya’y sekitar brapa dan brapa hari nyampe?
    trimakasih sbelumnya.

  62. Hidayat

    Untuk semua teman-teman yang terhormat, setelah saya membaca semua komentar anda, berarti sudah banyak peminat untuk berlibur ke Pulau Lombok, Jadi jika anda ingin mengunjungi Lombok silahkan anda menghubungi kami melalui komentar inlombok yahoo atau langsung ke email kami cs@inside-lombok.com, dengan senang hati kami akan memberikan pelayanan informasi mengenai transportasi, penginapan dan kegiatan libiran anda seperti menyelam, Rinjani trekking dll.
    Dan untuk lebuh jelas silahkan anda click http://www.inside-lombok.com
    so see you soon.

  63. syakirah waka waka

    salam…kami dari malaysia akan sampai ke denpasar kira-kira sampai pukul 8 dan ingin ke lombok…macam mana caranya dari airport denpasar ingin menaiki feri…malam ada ke feri nya dan berapa ongkos?disana selamat tidak dari pencopet..takut juga kerana ini kali pertama ke lombok

  64. ajenk

    Saya belum jelas Mbak syakirah ini sampai di denpasar jam pagi atao jam 8 malam.
    kalo sampai denpasar jam 8 pagi, saya pikir tidak terlalu kesulitan dari bandara tinggal naik taksi ke terminal Ubung sekitar 45 menit – 1 jam kalo macet dengan ongkos sekitar 100 ribu, dan kemudian naik bis 3/4 ke pelabuhan padangbai ongkosnya sekitar 25 – 40 ribu ribu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. jadi sampenya di pelabuhan padang bai sekitar jam 12 atau 1 siang. Nah selanjutnya tinggal mnyebrang dengan feri, ongokosnya sekitar 20 – 30 ribu/ org, tahun 2002 biaya naik feri sekitar 8 ribu/orang. sampe di peabuhan lembar / Lombok kalo lancar sekitar 5 – 5,5 jam, jadi masih terang lah sampe mataram.

  65. ajenk

    Saya belum jelas Mbak syakirah ini sampai di denpasar jam pagi atao jam 8 malam.
    kalo sampai denpasar jam 8 pagi, saya pikir tidak terlalu kesulitan dari bandara tinggal naik taksi ke terminal Ubung sekitar 45 menit – 1 jam kalo macet dengan ongkos sekitar 100 ribu, dan kemudian naik bis 3/4 ke pelabuhan padangbai ongkosnya sekitar 25 – 40 ribu ribu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. jadi sampenya di pelabuhan padang bai sekitar jam 12 atau 1 siang. Nah selanjutnya tinggal mnyebrang dengan feri, ongokosnya sekitar 20 – 30 ribu/ org, tahun 2002 biaya naik feri sekitar 8 ribu/orang. sampe di peabuhan lembar / Lombok kalo lancar sekitar 5 – 5,5 jam, jadi masih terang lah sampe mataram.

  66. adeee

    ass, mas numpang tanya.
    dari Hotel Senggingi Beach menuju Hotel Sentosa Villas kira2 berapa lama ya menggunakan mobil pribadi. Tq

  67. kurniawan

    salam kenal semua…oh ya teman – teman yang mau ke lombok, bagi pemula yang tidak mau repot estafet lewat yogya ada juga lho bus langsung yogya-lombok ongkosnya 350rb udah termasuk makan 2x, biasanya berangkat dari yogya sekitar jam 13.00 siang dan sampai lombok (agen bus nya disamping terminal mandalika) kira2 jam 19.00 besok malamnya..selamat datang dilombok..

  68. lucky

    o ya, dari lombok ke surabaya bisa naek bus apa saja ya? bisa minta nomor telpon bus2nya? jadwal kberangkatan pada pukul berapa saja?dari pantai senggigi ke terminal bus jauh gak?nama terminalnya apa ya?trims sebelumnya

  69. Hesti Maheswari

    Mas, mau tanya tarif penyebrangan mobil pribadi dari Padangbay ke Lembar berapa ya? kalau orang yang didalam mobil dihitung juga tidak. Segera balas ya. Saya mau ke lombok hari Senin tanggal 19 Desember 2011

    Tks banyak

  70. Hesti Maheswari

    Mas, mau tanya tarif penyebrangan mobil pribadi dari Padangbay ke Lembar berapa ya? kalau orang yang didalam mobil dihitung juga tidak. Segera balas ya. Saya mau ke lombok hari Senin tanggal 19 Desember 2011

    Tks banyak

  71. dede

    Boz, rencana minggu depan mo liburan ke Lombok nih.
    Naahh rencana juga mo pake bus.
    Tp masalahnya, terminal bus d lombok ada berapa yaa……???
    Tujuanku ke Praya, d praya ada terminal busnya nggk….??

    Jawabannya d kirim ke emailku yaa..

  72. arie

    saya mau tau angkuta laut/ferry dari surabaya lombok ada ngak, kira kira yang bisa angkut mobil, berapa harga tiketnya, saya mau ngirim barang ke lombok. tlg infonya.. tks.

  73. fandi

    om saya mau ke lombok nii,tpatnya ke G.Rinjani acra 17agustus d sana,.
    nah berangkat tgl 15 dri surabaya jawa timur,kira” biar tgl 16agsts pagi bisa sampai sembalun,. naik apa aja ya.kalo saya ingin naik bus dri sby,.dan dri sby naik bus ap dan jam berapa?? trma kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *