Menu Close

Lakukan Pembenahan, Kini Teknik Geomatika Raih Akreditasi A

Mendapatkan akreditasi A tentu bukanlah perkara yang instan. Pasalnya, perlu berbagai  persiapan dan pembenahan untuk mencapainya. Hal itulah yang menjadi kunci sukses Departemen Teknik Geomatika meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) untuk pertama kalinya.

Persiapan-persiapan itu ternyata dimulai sejak bulan Oktober 2015. “Kami mulai melengkapi dokumen-dokumen untuk penilaian akreditasi,” ujar Lalu Muhamad Jaelani ST MSc PhD, Dosen Teknik Geomatika.

Salah satu dokumen yang dipersiapkan yakni hardcopy jurnal selama tiga tahun terakhir. Meskipun telah tercover di jurnal online, namun dalam daftar penilaian akreditasi memang mengharuskan berlangganan jurnal hardcopy. “Akhirnya kami mencari referensi jurnal  hardcopy,” ungkap Lalu.

Pencarian jurnal dalam bentuk hadrcopy, nyatanya tidak semudah yang diperkirakan. Pasalnya, jurnal mengenai Geomatika sangat sedikit yang tersedia di Indonesia. “Bahkan, yang benar-benar  tentang Geomatika hanya ada di ITS saja,” ujar Alumnus Teknik Geomatika ini.

Kendati tidak mungkin mengklaim jurnal sendiri, akhirnya tim akreditasi mencari referensi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Permasalahan tidak berakhir disitu. Ternyata, tidak semua instansi  siap untuk mengirimkan jurnal tiga tahun terakhirnya, hanya ITB yang menyanggupi. “Intinya, tahun ini, hal-hal kecil seperti masalah jurnal tersebut benar-benar dipersiapkan,” ungkap Lalu.

Disamping persiapan mengenai jurnal, kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti dosen pun juga  menjadi sasaran persiapan. “Jika dibandingkan dengan dulu, kami hanya memiliki tiga orang dosen lulusan S3,” kenangnya.

Kondisi tersebut berbeda dengan saat ini yang telah memiliki 20 dosen dengan  rincian tujuh doktor dan tiga dosen yang sedang melanjutkan study doktornya.

Di akhir, Lalu berharap agar perolehan akreditasi A ini tidak dijadikan sebagai proses akhir. Geomatika akan terus melakukan pembenahan pada program magisternya. “Program selanjutnya, yakni  dengan mengadakan Double Degree,” tutupnya. (cha/oti)
ITS Online
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Lakukan Pembenahan, Kini Teknik Geomatika Raih Akreditasi A and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *