Menu Close

Unduh (Citra Satelit) MERIS Gratis

MEdium Resolution Imaging Spectrometer (MERIS)  adalah salah satu sensor penginderaan jauh yang dipasang di satelit ENVISAT milik Badan Angkasa Luar Eropa (ESA).

Walau misi MERIS telah berakhir (2002-2013), data yang telah direkam selama 11 tahun tersebut masih sangat berguna, terutama untuk pemantauan perairan. Dengan 15 kanal yang tersedia, MERIS dilengkapi dengan resolusi spektral yang sangat bagus (rata rata 10 nm) plus resolusi spasial  (300 m) yang pas untuk studi regional. Malah, untuk pemantauan Chlorophyll-a, hanya MERIS yang memiliki kanal dengan panjang gelombang yang sensitive terhadap Chl-a (709 nm).

Jika dahulu, data MERIS berbayar, kini data bisa diunduh secara gratis. Jika dahulu MERIS hanya bisa di order dan diunduh melalui EOLI, saat ini MERIS telah bisa dicari dan diunduh melalui http://ladsweb.nascom.nasa.gov/

Beda dengan data lainnya, khusus MERIS, kita diminta untuk mendaftar dan mengisi sedikit resume penelitian di https://ladsweb.nascom.nasa.gov/

Jika disetujui, pemesanan bisa langsung dilakukan. Ada dua cara untuk mengambil data:

1. Direktori data

https://ladsweb.nascom.nasa.gov/MERIS/

(catatan, jika sudah tahu data mana yang akan diambil, bisa pakai layanan ini)

2. Fasilitas Pencarian:

http://ladsweb.nascom.nasa.gov/data/search.html

Jangan lupa untuk mengubah parameter berikut ke MERIS

orderMERIS

dan

order-meris2

Prosedur lainnya, sama dengan pemesanan data citra lainnya, jadi tidak perlu dimasukkan di sini.

Semoga bermanfaat

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Unduh (Citra Satelit) MERIS Gratis and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *