-
Rekayasa Kebutuhan – S1
Kode MK: KI141328 Nama Mata Kuliah: Rekayasa Kebutuhan SKS : 3 SKS Semester : 6 Tujuan Pembelajaran (Learning Outcome): Mahasiswa mampu membuat dan mendokumentasikan Spesifiksi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) dengan baik, baik secara mandiri atau juga dalam kerjasama tim Rincian Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menjelaskan aktifitas-aktifitas dalam rekayasa kebutuhan perangkat lunak Mahasiswa mampu membuat skenario Mahasiswa mampu memilih metodepengumpulan kebutuhan dan melakukan pengumpulan kebutuhan perangkat lunak Mahasiswa mampu memilih metode analisis dan melakukan analisis kebutuhan perangkat lunak Mahasiswa mampu memodelkan kebutuhan sistem menggunakan pendekatan berorientasi obyek Mahasiswa mampu memilih metode, menspesifikasikan dan mendokumentasikan kebutuhan perangkat lunak Mahasiswa mampu memilih metode verifikasi dan melakukan verifikasi kebutuhan perangkat lunak Pokok Bahasan: Pengantar…
-
Gurindam dan Pitutur Jawi
Gurindam merupakan puisi bertuah yang terdiri dari 2 bait yang mana tiap bait berisi 2 kalimat yang berima sama. Gurindam yang terkenal adalah gurindam yang dibuat oleh Raja Ali Haji, bernama Gurindam dua belas karena berisi dua belas pasal. Di Tanjung Pinang, Gurindam dua belas ini saya lihat masih sangat dijunjung tinggi. Salah satunya bahkan jadi semboyan di dunia pendidikan, seperti di UMRAH, yakni semboyan “Jika hendak mengenal orang yang berilmu, bertanya dan belajar tiadalah jemu” (Gurindam dua belas Pasal 5). Terpesona oleh Gurindam, saya yakin di Jawa juga ada. Cari mencari ternyata Jawa punya Pitutur Jawi. Dalam posting kali ini, saya berbagi tentang isi dari pasal-pasal di Gurindam 12,…
-
Berkunjung ke Tanjung Pinang, Kota Gurindam
Alhamdulillah, 3 hari ini kami mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dan mengenal kota Gurindam, Tanjung Pinang. 2 Minggu yang lalu, Bapak Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengirimkan surat permintaan nara sumber dari ITS terkait pengelolaan IT di Perguruan Tinggi. Kami (Pak Affandi, Bu Diana dan saya) mendapat tugas dari Bapak Wakil Rektor 3 ITS (Pak Nur Iriawan) untuk menjadi nara sumber di UMRAH terkait Operasionalisasi Sistem Integra dalam rangka peningkatan penyelenggaraan akademik dan administrasi.
-
Softskill Komunikasi untuk Manajer Proyek IT
Menjadi manajer untuk sebuah proyek teknologi informasi memang membutuhkan banyak softskill. Kemampuan komunikasi dengan klien dan komunikasi dengan anggota tim sangat diperlukan. Kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk klien antara lain kemampuan bernegosiasi, kemampuan menyampaikan ruang lingkup yang dipahami maupun kemampuan komunikasi untuk menyampaikan kemajuan proyek. Tidak jarang kita merasa seperti dikejar-kejar oleh klien, dan ini juga membutuhkan kemampuan untuk penguasaan emosi dan pengendalian diri. Termasuk jika waktu sedikit molor misalnya, maka perlu komunikasi yang baik dengan klien agar tidak terjadi krisis kepercayaan klien kepada kita. Kemampuan komunikasi dengan anggota tim sangat diperlukan agar apa yang diharapkan oleh klien sesuai dengan yang dikembangkan oleh tim. Jadwal yang padat dan tingkat stress…
-
Presentasi Master Plan IT di Pemerintah Kabupaten Blitar
Alhamdulillah, hari kamis tanggal 6 Nopember 2014, kami (p khakim, p tony, b Siti, m Nia dan saya) mendapat kesempatan untuk mempresentasikan master plan TI untuk Kabupaten Blitar 2015-2019. Sejak bulan Agustus 2014 lalu sampai akhir nopember 2014, kami diberi kepercayaan untuk menyusun master plan IT kabupaten blitar. Master plan Sistem Informasi / Teknologi Informasi (SI/TI) adalah suatu perencanaan jangka panjang dalam pengembangan TI, yang dengan baik dapat menterjemahkan keinginan manajemen, pengguna, maupun perubahan-perubahan yang terjadi di luar organisasi. Master plan SI/TI atau dalam tulisan ini saya sebut master plan IT disusun berdasarkan visi misi, kebijakan strategis dan program kerja pemerintah daerah. Selain itu kondisi eksisting pengembangan IT juga diperhitungkan…
-
Keunikan Jaminan Kualitas Perangkat Lunak
Sebelum membahas tentang jaminan kualitas perangkat lunak, perlu kiranya kita samakan persepsi apa yang disebut dengan perangkat lunak dan kualitas perangkat lunak. Ketika kita menyebut perangkat lunak, maka yang terbayang adalah sekumpulan instruksi bahasa pemrograman dan pernyataan atau instruksi-instruksi kakas pengembangan, yang bersama-sama membentuk sebuah program atau paket perangkat lunak. Program atau paket perangkat lunak ini disebut sebagai “kode”. Menurut definisi IEEE, perangkat lunak adalah program komputer, prosedur, dan dokumentasi yang menyertainya serta data yang digunakan untuk mengoperasikan sistem komputer. Definisi IEEE tersebut hampir identik dengan definisi ISO (ISO, 1997, Sec. 3.11 dan ISO/IEC 9000-3 Sec. 3.14), perangkat lunak terdiri dari 4 komponen, yaitu program komputer (kode program), prosedur, dokumentasi…
-
Kompetensi mahasiswa yang hendak dicapai dengan APS
Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah pendekatan berorientasi obyek. Mata kuliah ini sangat erat kaitannya dengan mata kuliah pemrograman berorientasi obyek (PBO). Di dalam mata kuliah PBO, mahasiswa diajak mempelajari bagaimana membuat program yang berorientasi objek. Ciri utama dari pemrograman ini adalah adanya kelas yang akan diinstansiasi menjadi obyek dan perilaku serta interaksi antar obyek dapat merealisasikan satu kasus penggunaan (use case).
-
Analisis dan Perancangan Sistem
I. Deskripsi Mata Kuliah Nama Mata Kuliah: Analisis dan Perancangan Sistem Kelas : B dan D SKS: 4 Semester 4 II. Rancangan Pembelajaran dan Silabus Perkuliahan Materi Perkuliahan 1. Kompetensi mahasiswa yang diharapkan, profesi yang dapat ditekuni, review SDLC, dan Pemodelan berorientasi obyek (TM 1, Rabu 13 Februari 2013)
-
Jadwal Mengajar Semester Genap 2012/2013
Semester ini saya mendapatkan tugas untuk mengajar 14 SKS, dengan rincian sebagai berikut: Analisis dan Perancangan Kelas B, Hari Rabu 10.00-12.50 di IF 106 (4 sks) Analisis dan Perancangan Kelas D, Hari Rabu 13.00-15.50 di IF 106 (4 sks) Pengantar Teknopreneurship Kelas 27, Hari Kamis 11.00-12.40di TPB 2 (2 sks) Pengantar Teknopreneurship Kelas 34, Hari Kamis 13.00-14.40 di TPB 2 (2 sks) Sosio Etika Kelas B, Hari Jumat 16.00-17.40 di IF 108 (2 sks) Semoga amanah ini dapat saya laksanakan dengan baik aamiin
-
Bagaimana Mengelola Suatu Proyek Perangkat Lunak
Software Project management (Manajemen Proyek Perangkat Lunak) merupakan bagian yang penting dari suatu proyek perangkat lunak. Aktifitas yang ada di dalam manajemen proyek antara lain terkait dengan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), memotivasi (motivating), dan mengendalikan (controlling) semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan proyek. Tujuan proyek antara lain adalah memberikan perangkat lunak ke kustomer tepat waktu, menjaga agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi dana yang disepakati (budget), dan PL yang diberikan ke kustomer sesuai dengan harapan kustomer. Manajemen proyek PL diterapkan untuk menjamin tujuan proyek tersebut tercapai dan juga menjaga agar anggota tim dapat mengerjakan proyek dengan baik dan tanpa stress yang berarti (bahagia :)). Lalu bagaimana cara menerapkan…