Membuat PGP Key

Salah satu cara untuk mengamankan komunikasi adalah dengan menggunakan asymetric encryption. asymetric encryption merupakan mekanisme dengan menggunakan 2 kunci yang berbeda. sebut saja K1 dan K2

Dalam asymetric encryption, berlaku hal seperti ini. message yang di encrypt dengan K1 hanya bisa di decrypt (dibuka) oleh K2. dan juga sebaliknya, semua message yang diencrypt dengan K2 hanya bisa dibuka oleh K1.

Dalam prakteknya biasanya kita akan mengenal istilah public key dan private key. K1 adalah public key dan K2 adalah private key. public key bebas diketahui umum, sedangkan private key harus bersifat rahasia. mekanisme ini biasanya digunakan dengan harapan semua message yang diencrypt dengan public key , HANYA BISA dibuka oleh pemilik key tersebut (dengan private key). sehingga bisa dipastikan bahwa komunikasi berjalan privat. dan kalaupun jatuh ke tangan user lain / aplikasi lain secara tidak sengaja , maka yang bukan pemilik key tidak akan bisa mengetahui isinya (karena tidak memiliki private key)

Salah satu pengunaannya adalah dalam komunikasi email. terkadang dalam email ataupun komunikasi yang lain, email akan diforward ke orang yang tidak dimaksudkan untuk membaca. dengan penggunaan enkripsi akan membuat pengirim yakin bahwa pesan tersebut hanya bisa dibuka oleh yang dituju.
Salah satu prakteknya adalah menggunakan PGP key untuk mengirimkan dan menerima message.

Membuat Key

Berikut ini adalah cara untuk create PGP key. Untuk membuat kombinasi private key dan public key


gpg --full-generate-key

akan menghasilkan 2 jenis key yaitu private dan public
untuk melihat fingerprint (id) dari public key, gunakan

Melihat daftar key

gpg --list-keys

akan memunculkan semua key beserta fingerprintnya

Mengekspor public key
untuk mengekspor public key dalam bentuk file teks (ascii). gunakan

gpg --armor --export

gunakan public key ini untuk keperluan umum. seperti ID yang merepresentasikan indiviual yang nantinya dapat diupload ke key server publik, sehingga bisa dicari secara online


Mengekspor private key
untuk mengekspor private key key dalam bentuk file teks (ascii). gunakan

gpg --armor --export-secret-keys

private key ini nantinya akan digunakan untuk mengenkrip ataupun mendekrip

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Membuat PGP Key and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.