Pendekatan berbasis proses yang merupakan cikal bakal dari BPM telah ada sejak ratusan tahun lalu. Secara historis banyak penulis menyebutkan pendekatan berbasis proses muncul semenjak era Taylorisme di awal abad 19. Namun ada yang menyebutkan bahwa pendekatan berbasis proses diawali oleh Sun Tzu, Jendral Perang dari Cina yang meletakkan dasar-dasar berperang ribuan tahun yang lampau.
Rosing dkk (2014) dan Harmon (2015) memberikan ulasan yang detail dan komprehensif terkait sejarah perkembangan BPM
Sementara Harmon (2015) menjelaskan cikal bakal BPM dari tiga tradisi yaitu:
- Tradisi Manajemen
- Tradisi Teknik Industri dan Pengendalian kualitas
- Tradisi Teknologi informasi.
Menggabungkan kedua pemikiran ini, saya mengelompokkan sejarah BPM menjadi sebagai berikut:
Untuk memahami lebih detil perkembangan tiap tahap dapat dilihat pada Buku Business Process Management: Konsep dan Aplikasi, hal. 4 – 20.
Referensi:
Harmon, P. (2015). The Scope and Evolution of Business Process Management. Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems (pp. 37–80). Berlin, Heidelberg: Springer-Verlag.
Rosing, M. von, Scheel, H. von, & Scheer, A.-W. (2015). The Complete Business Process Handbook: Body of Knowledge from Process Modeling to BPM, Volume I (1st ed.). San Francisco, CA, USA: Morgan Kaufmann Publishers Inc.
Post Disclaimer
The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Sejarah BPM and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.