Business Process Management (BPM) mungkin istilah yang kalah populer dibandingkan dengan konsep-konsep manajemen lain seperti Supply Chain Management (SCM) atau Customer Relationship Management (CRM) atau metode seperti Six Sigma dan Total Quality Management.
Tapi tahukah anda bahwa semua pendekatan manajemen tersebut sangat terkait dengan proses bisnis? Proses bisnis dapat diartikan sebagai serangkaian aktivitas yang saling terkait yang dilakukan organisasi untuk mencapai tujuan bisnisnya. Jika kita cermati SCM merupakan konsep manajemen untuk mengelola aliran barang, informasi dan material antar berbagai elemen dalam rantai pasokan. Tiap elemen di dalam rantai pasok tentunya melakukan serangkaian aktivitas-aktivitas yang saling terkait untuk mencapai tujuan bisnisnya, dengan kata lain melakukan proses bisnis. Demikian pula dengan CRM, hanya saja CRM lebih berfokus pada proses untuk menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Sementara Six Sigma dan TQM adalah metode untuk mengontrol dan meningkatkan kualitas proses dan organisasi secara keseluruhan.
Lalu mengapa konsep BPM kalah populer dibandingkan dengan konsep-konsep seperti Six Sigma, TQM, SCM dan CRM?
Alasan utama adalah karena konsep BPM menggabungkan berbagai tradisi yaitu tradisi teknik industri/pengendalian kualitas, tradisi manajemen, dan tradisi Teknologi Informasi. Hal ini menjadi “double edge sword” bagi BPM. Di satu sisi, kelengkapan dan keluasan cakupan dari BPM membuatnya menjadi konsep yang sangat menarik dan menjanjikan. Namun di sisi lain, banyak orang tidak bisa mengenali atau mengatakan dengan gamblang, apa itu BPM.
Untuk memahami dengan baik, maka saya menyarankan pembaca memulai dengan beberapa bagian berikut:
Selamat membaca!
Post Disclaimer
The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Tentang BPM and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.