OPEN HOUSE PERPUSTAKAAN ITS TAHUN 2023 : Library Orientation

Gathering around for a mind-blowing presentation! with Mbak Astutik and Pak Iwan…nice photo by mbak anis

Pada hari senin, 4 September 2023, Perpustakaan ITS  mengadakan acara Library Orientation yang bertujuan untuk membantu mahasiswa baru memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan ITS secara efektif. Acara ini menghadirkan narasumber pustakawan  perpustakaan ITS , antara lain Pak Iwan Junianto, Mbak Astutik Nur Qomariyah dan saya sendiri

Pak Iwan , selaku pustakawan layanan multimedia , memberikan materi layanan dan fasilitas Perpustakaan ITS  mulai dari lokasi, jam buka layanan, pendaftaran keanggotaan serta cara peminjaman koleksi Perpustakaan ITS. Beliau membawa peserta tour secara virtual melalui presentasi beliau dari layanan dan fasilitas yang ada di lantai satu sampai dengan layanan dan fasilitas dan layanan  yang ada di lantai 5 dengan menampilkan  foto spot spot menarik dari perpustakaan ITS yang  sering dikunjungi oleh mahasiswa.Pak Iwan juga menyampaikan selain sebagai sumber informasi perpustakaan ITS  juga merupakan tempat rekreasi bagi mahasiswa, serta beliau mengharapkan  perpustakaan ITS dapat  meningkatkan ketrampilan, serta memeperluas jejaring dan dapat melahirkan ide ide kreatif dari CIvitas akademika.

Selanjutnya, Saya , salah satu pustakawan referensi dan literasi informasi Perpustakaan ITS , memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis sumber sumber informasi ilmiah yang tersedia di perpustakaan, apa itu e resources, bagaimana cara mendapatkannya serta e resources lain yang di miliki oleh ITS, . Saya menjelaskan tentang buku, jurnal, artikel, dan database elektronik yang dapat diakses oleh mahasiswa. Saya juga memberikan contoh penggunaan sumber daya perpustakaan dalam penelitian dan tugas akademik serta layanan online perpustakaan ITS mulai dari layanan ask librarian, VPN, sirkulasi online, dokumen delivery seta layanan e-bebas pustaka  yng ada pada website perpustakaan ITS.

Mbak Astutik Nur Qomariyah, seorang pustakawan yang bertanggung jawab atas layanan refrensi dan literasi informasi  di perpustakaan  ITS, memberikan informasi mengenai akses terbuka (open access) terhadap literatur ilmiah. Ia menjelaskan bahwa open access memungkinkan mahasiswa untuk mengakses artikel dan jurnal ilmiah secara gratis, tanpa harus membayar biaya langganan. Mbak  Astutik Nur Qomariyah juga memberikan panduan dalam mencari dan menggunakan sumber daya open access secara efektif.

In this classroom, ideas are born, dreams are nurtured, and futures are shaped..nice photo by Pak Iwan

Acara Library Orientation ini diikuti oleh lebih dari 80  mahasiswa baru yang antusias. Mereka diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber mengenai hal-hal yang belum mereka pahami terkait penggunaan sumber daya perpustakaan. Diharapkan dengan adanya acara Library Orientation ini, mahasiswa baru ITS dapat memanfaatkan sumber daya perpustakaan dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dan tugas akademik mereka serta mendukung keberhasilan studi mereka di ITS..

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by OPEN HOUSE PERPUSTAKAAN ITS TAHUN 2023 : Library Orientation and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *