OPEN HOUSE PERPUSTAKAN ITS TAHUN 2023 HARI KE DUA (2): Sharing Sesion Cara Mudah Review Artikel Jurnal

Back to school vibes with my bestie Yeni Gonti ..Nice Photo Pak Iwan Thanks a lot

Surabaya, 5 September  2023 – Dalam rangka  open house perpustakaan ITS Tahun 2023 ITS , Perpustakaan ITS mengadakan kegiatan sharing sesion cara mudah review artikel jurnal. Sharing Session  ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana langkah langkah mereview artikel jurnal dan memberikan respon terhadap suatu artikel jurnal.

Sharing sesion review artikel jurnal ini diikuti oleh para mahasiswa ITS  jenjang sarjana dan pascasarjana ITS yang aktif sebanyak 80 mahasiswa dari berbagai Departemen di lingkungan ITS. Mereka diajarkan tentang bagaimana  melakukan review jurnal, mulai dari menemukan topik sampai dengan memahami  fitur dan kontribusinya hingga menemukan keterbatasannya.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Rezki El Arif, Ph.D , seorang dosen dari departemen Teknik Biomedik yang ahli dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Beliau berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana menjadi seorang reviewer yang berkualitas. Menurut dosen yang kerap kali di panggil dengan Dr. El, seorang reviewer harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang topik penelitian yang diulas, memiliki kemampuan analisis yang baik, serta mampu memberikan saran yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas artikel.

Selain itu, pelatihan ini juga memberikan penekanan bahwa jurnal yang dinilai baik apabila jurnal tersebut dapat menjawab  pertanyaan berikut :

1. Apa pertanyaan utama yang dibahas dalam penelitian ini? ,

2. Apakah pertanyaan tersebut relevan dan menarik?,

3. Seberapa orisinilkah topiknya? ,

4. Apa yang ditambahkannya pada bidang tersebut dibandingkan dengan materi lain yang telah dipublikasikan?,

5. Apakah makalah ditulis dengan baik? ,

6. Apakah teksnya jelas dan mudah dibaca?,

7. Apakah kesimpulannya konsisten dengan bukti dan argumen yang disajikan?,

8. Apakah kesimpulan tersebut menjawab pertanyaan utama yang diajukan?,

9. Jika penulis tidak setuju secara signifikan dengan konsensus akademis saat ini,

10. apakah mereka memiliki argumen yang kuat?,

11. Jika tidak, apa yang diperlukan untuk membuat kasus mereka menjadi kredibel?,

12. Jika makalah tersebut menyertakan tabel atau gambar, apa yang ditambahkan pada makalah tersebut?

Dalam pemaparannya  Dr. El , menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah mahasiswa ITS. Beliau juga mengajak para peserta untuk terus berkontribusi dalam dunia riset dan publikasi ilmiah guna memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pelatihan review jurnal ini merupakan salah satu upaya Perpustakaan ITS  dalam mendukung peningkatan kualitas riset dan publikasi ilmiah di ITS. Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa its dapat menjadi reviewer yang handal dan mampu memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by OPEN HOUSE PERPUSTAKAN ITS TAHUN 2023 HARI KE DUA (2): Sharing Sesion Cara Mudah Review Artikel Jurnal and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *