Akademik,  Berita

Inisiasi MoU antara UiTM dan ITS

Kuala Lumpur, 20/10/2018. Pada tanggal 17-19 Oktober 2018, tim Departemen T. Geomatika – FTSLK ITS yang diwakili Lab. Kadaster dan Kebijakan Pertanahan (KKP) dan Prodi Pasca T.Geomatika mengunjungi Universiti Teknologi MARA (UiTM) – Malaysia dalam rangka menindaklanjuti draft MoU antara UiTM dan ITS. Kunjungan ini bermaksud untuk membahas lebih detail MoA yg merupakan bagian dari MoU berupa kegiatan yang bisa segera dilakukan antara kedua belah pihak. Tim yang terdiri dari Kalab KKP Agung B. Cahyono, ST, MSc, DEA (koordinator), Kaprodi S-1 Yanto Budisusanto, ST, MT; Kaprodi S-2 Ira Mutiara A, ST, M.Phil, PhD; serta Udiana W. Deviantari, ST, MT dan Cherie Bhekti P., ST, MT sesampainya di kampus UiTM Syah Alam disambut hangat oleh para pensyarah (dosen) dari Pusat Pengajian Sains Ukur Dan Geomatik (PPSUG) – UiTM Syah Alam yang dipimpin oleh Dr. Eran Sadek. Setelah pertemuan dengan seluruh dosen departemen PPSUG serta jamuan pagi, atas permintaan PPSUG selanjutnya diadakan kuliah umum oleh Ira Mutiara A, ST, M.Phil, PhD terkait Fenomena Geodinamika Di Indonesia (Lombok & Palu Earthquake). Pada kesempatan ini atas inisiatif mhs/dosen PPSUG telah terkumpul dana untuk masyarakat Palu sebesar RM 750,2 yang telah diserahkan tim kepada ITS Peduli Palu & Donggala.

Selanjutnya setelah makan siang tim dari Teknik Geomatika ITS disertai dengan beberapa dosen dari PPSUG UiTM menuju Fakultas Senibina, Perancangan dan Ukur (FSPU) – UiTM Puncak Alam. Disini tim ITS diterima Dekan FSPU UiTM, Prof. Dr Masran Saruwono dan staf dekanat. Selanjutnya dilakukan diskusi detail tentang MoU antara  ITS dan UiTM. Beberapa program telah dengan baik didiskusikan seperti pertukaran mahasiswa dalam program SurveyCamp, Hidrography Camp, Guest Lecturer serta studi lanjut untuk masing-masing program master degree.

Pada kesempatan hari berikutnya tim dari Teknik Geomatika ITS disertai dari PPSUG UiTM mengunjungi  Jabatan Ukur dan Pemetaan Malaysia (JUPEM) yang diterima langsung oleh Pengarah Ukur Bahagian (Kadaster) SR. HJ. Ramli Bin Nor. Dalam kesempatan ini diadakan diskusi setelah tim dari JUPEM mempresentasikan beberapa riset dan kegiatan mereka yaitu  eKadaster, SmartKadaster & 3D Kadaster di Malaysia. Diskusi semakin menarik karena dihadiri pula oleh Dr. Teng Chee Hua, seorang pakar kadastral Malaysia dan mantan direktur Kadastral JUPEM periode sebelumnya.

Selanjutnya pada hari itu juga tim dari Teknik Geomatika ITS disertai dari PPSUG UiTM mengunjungi  Pusat Infrastruktur Data Geospatial Negara (MaCGDI) yang berlokasi di Putra Jaya dan diterima langsung oleh Abrizah binti Abdul Aziz selaku Pengarah. Pada sesi ini juga  diskusi setelah tim dari MaCGDI mempresentasikan beberapa riset dan kegiatan mereka yaitu pengenalan program MyGDI, paparan MyGDI Explorer & MyGeoMap dan terakhir adalah penerapan MyGOS.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Inisiasi MoU antara UiTM dan ITS and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose.

Comments Off on Inisiasi MoU antara UiTM dan ITS